19 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kulit Manggis – Saat ini siapa yang tidak kenal dengan ekstrak kulit manggis? Hampir semua orang tau lantaran begitu fenomenalnya iklan ekstrak kulit manggis yang bermunculan di televisi ataupun media massa lainnya.

Pada iklan yang tayang di televisi banyak produsen mengklaim bahwa ekstrak kulit manggis kaya dengan kandungan antioksidan, antimikroba, dan xanthone.

Zat-zat tersebut diklaim bisa menyembuhkan banyak sekali macam penyakit, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi permasalahan kulit, dan bahkan sanggup memperlambat proses penuaan dini. Apakah semua itu benar demikian?

 Saat ini siapa yang tidak kenal dengan ekstrak kulit manggis 19 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Antioksidan

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ekstrak kulit manggis mengandung senyawa jenis polifenol yang dikenal dengan xanthones. Ada dua jenis xanthone yang ada pada buah ini, yaitu alpha dan gamma xanthone.

Xanthone dan turunanya mempunyai beberapa manfaat, termasuk salah satunya yaitu anti-inflamasi. Selain itu, xanthone juga merupakan obat yang sangat efektif untuk penyakit kardiovaskuler.

Antioksidan tersebut mempunyai sifat memperbaiki sel-sel yang rusak akhir terkena radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, dan bahkan penyakit mental.

2. Rendah kalori

Ekstrak kulit manggis mengandung kalori yang sangat rendah (63 kalori per 100 gram) serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Disamping itu, kandungan serat yang ada dalam buah ini tidak mengecewakan tinggi (100 gram sanggup menyediakan 13 % dari kebutuhan). Dengan demikian ekstrak kulit manggis sangat cocok untuk diet dan menjaga berat badanmu tetap ideal.

3. Vitamin C terbaik

Jangan salah, sumber vitamin C tidak hanya berasal dari buah jeruk. Per 100 gram ekstrak kulit manggis bisa mencukupi 12 % kebutuhan vitamin C harianmu.

Ada banyak manfaat dari vitamin C, menyerupai memperlihatkan perlawanan terhadap flu/pilek, mencegah infeksi, dan tentunya meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Melancarkan ajaran darah

Ekstrak kulit manggis mempunyai kandungan kalium dan zat besi yang berperan aktif dalam kelancaran ajaran darah.

Kalium mempunyai kegunaan untuk melebarkan pembuluh darah. Sedangkan zat besi sanggup membantu meningkatkan sel darah merah dan mengobati anemia.

Dengan lancarnya peredaran darah ini maka sanggup melindungi kita dari penyakit tertentu menyerupai aterosklerosis, kolesterol tinggi, stroke, dan serangan jantung.

5. Mengurangi kolesterol jahat

Khasiat kulit manggis satu ini mungkin kau sudah tau. Yup, ekstrak kulitmanggisyang rendah kalori dan kaya serat sanggup membantumu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Bila kau tertarik, konsumsilah ekstrak kulit manggis secara rutin serta jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur supaya karenanya maksimal.

6. Tuberculosis

Tuberculosis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan lantaran efek basil dan jamur. Untuk mencegahnya, kau bisa mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin.

Kulit manggis mempunyai zat yang bersifat antibakterial dan antijamur. Sifat inilah yang sanggup membunuh basil penyebab tuberculosis dalam tubuh.

7. Mencegah kanker

Menurut penelitian medis yang dilakukan pada tikus, senyawa xanthones yang ada pada kulit manggis sanggup mencegah pertumbuhan sel kanker, tumor, kista, dan sejenisnya.

Xanthone sendiri merupakan salah satu senyawa antioksidan yang 1.000x lebih berpengaruh dibandingkan dengan antioksidan lainnya, khususnya dalam mencegah kanker. Luar biasa kan?

8. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Kulit manggis juga diperkaya dengan senyawa mineral alami menyerupai mangan, tembaga, dan magnesium. Senyawa mineral tersebut sangat berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Bersifat anti-inflamasi

Ekstrak kulit manggis mempunyai sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi penderita linu, nyeri, dan imbas peradangan lainnya. Baik itu nyeri pada luka, linu gigi, ataupun pecahan persendian. Untuk mengurangi rasa nyeri kau bisa mengonsumsi ekstrak kulit manggis dua hingga tiga kali sehari.

10. Mengobati alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang ditandai dengan kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

Menurut penelitian di Inggris, proteksi ekstrak kulit manggis pada penderita alzheimer sanggup membantu menghidupkan saraf otak mereka sebesar 30 %.

Adapun manfaat kulit manggis lainnya:

11. Mengobati jerawat.
12. Mencegah penuaan dini dan mengatasi kerutan.
13. Memperbaiki sel kulit yang telah rusak (regenerasi).
14. Meningkatkan energi/stamina tubuh supaya tak gampang lelah.
15. Mengobati banyak sekali gangguan perut. Mulai dari diare, disentri, sakit perut, kembung, kram, maag, dan sebagainya.
16. Melancarkan dan mengurangi nyeri ketika menstruasi.
17. Mengatasi penyakit gusi. Misalnya gusi berdarah, bengkak, nyeri, linu, dan sejenisnya.
18. Mencegah iritasi dan infeksi lantaran virus.
19. Mampu menurunkan berat badan serta menjaganya tetap ideal.

Kebenaran Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis bahwasanya sudah diteliti, tapi sayangnya penelitian itu hanya sebatas pada uji di laboratorium dan hanya pada binatang. Sedangkan untuk penelitian pada insan belum pernah dilakukan.

Hasil dari penelitian tersebut menandakan bahwa kulit manggis mungkin sanggup mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi hasil tersebut didapat dari penelitian kecil yang dilakukan pada tikus.

Selain itu ekstrak buah ini juga terbukti bisa menghentikan pertumbuhan basil penyebab penyakit, meski sayangnya hasil tersebut tidak didapat dari penelitian terhadap manusia.

Jadi kesimpulannya, manfaat kulit manggis belum terbukti berkhasiat kepada insan jikalau dilihat dari segi ilmiah. Masih diharapkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya.

Panduan Jika Ingin Mencoba Ekstrak Kulit Manggis

Mungkin kau tergiur dengan beberapa manfaat kulit manggis diatas. Sebelum mencoba sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:
  1. Cek tanggal kedaluarsanya.
  2. Pastikan kau membeli produk ekstrak kulit manggis yang sudah terdaftar di BPOM RI.
  3. Demi berjaga-jaga, lebih baik ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini.
  4. Jika kau ingin melaksanakan operasi, sebaiknya jangan mengonsumsi ekstrak kulit manggis setidaknya 14 hari sebelum bedah dilakukan. Karena ekstrak kulit manggis sanggup memperlambat proses pembekuan darah.
  5. Yang terpenting yakni selalu konsultasikan kepada dokter jika ingin konsumsi apapun, terutama yang berkaitan dengan pengobatan.
Iklan produk ekstrak kulit manggis ketika ini memang sangat terkenal, namun itu tidak bisa kau gunakan sebagai patokan sebuah produk benar-benar mempunyai kegunaan atau tidak. 

Dari segi pengobatan tradisional yang turun temurun mungkin kulit manggis diprimadonakan, tapi manfaat kulit manggis dari segi ilmiah/medis masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter