9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Yang Tak Terduga

Manfaat Bawang Putih – Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur satu ini? Bawang putih populer bukan hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai ramuan tradisional dari zaman Mesir Kuno, India, sampai Tiongkok, pun melibatkan bawang putih sebagai salah satu materi utamanya.


Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, gula darah, memperbaiki sirkulasi darah, dan menjauhkan dari risiko penyakit jantung.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang belum terbukti 100 persen, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam. Namun meski demikian, beberapa penelitian telah menemukan beberapa manfaat sebagai berikut.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan



1. Baik untuk jantung dan ususmu

Dari sebuah percobaan yang dilakukan pada tikus, diketahui bahwa senyawa alami dari minyak bawang putih sanggup melindungi jantung dari kerusakan sehabis terkena serangan jantung. Diallyl trisulfida, nama senyawa tersebut, dipercaya sanggup dipakai untuk pengobatan gagal jantung.

Tidak hanya baik untuk jantung saja, senyawa itupun juga bermanfaat untuk melawan kuman penyebab bisul pada usus. Ini menciptakan bawang putih sanggup kita jadikan sebagai antibiotik guna mengurangi penyakit akhir kuman yang ada pada makanan ataupun lingkungan sekitar.

2. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengambarkan konsumsi bawang putih dua kali seminggu sanggup berpotensi mencegah terkena kanker paru-paru. Konsumsi bawang putih juga diduga sanggup menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Selain itu, ditemukan pula senyawa organo welirang yang berdasarkan penelitian sanggup membasmi sel kanker otak. Penelitian mengungkapkan senyawa tersebut bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker otak.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol

Ekstrak bawang putih sangat mujarab untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengambarkan bahwa bawang putih sanggup melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus.

Penelitian terbaru bahkan mengambarkan bawang putih sanggup membantu menurunkan koelsterol, meski dalam jumlah sedikit. Tetapi bukan berarti bawang putih sanggup dijadikan sebagai obat hipertensi dan kolesterol yang efektif, alasannya ialah masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas.

4. Mencegah dan mengobati pilek/flu

Bawang putih dipercaya sanggup meningkatkan sistem kekebalan badan semoga tidak gampang terkena penyakit. Manfaat inilah yang kemudian menjadikan bawang putih ampuh untuk mencegah pilek, flu, dan demam.

Selain itu, bawang putih pun sanggup kau gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Ia mengandung senyawa bersifat mint serta kalium yang sanggup melancarkan sirkulasi darah di sekitar hidung.

5. Mengobati sakit gigi

Apa sakit gigimu sering kambuh? Mulai kini kau tak perlu membeli obat mahal untuk mengatasinya, cukup gunakan bawang putih saja.

Bumbu dapur satu ini mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi, yang sanggup mengurangi rasa nyeri akhir peradangan pada gusi.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih sangatlah mudah. Kamu tinggal menghaluskannya, kemudian tempelkan ke cuilan gigi yang sakit.

6. Mengobati sakit tenggorokan

Sifat antioksidan dan antibakterial yang ada pada bawang putih sanggup membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan.

Jika kau mengalami gatal pada cuilan tenggorokan, kunyahlah bawang putih berukuran kecil. Atau sanggup juga mencampurkannya dengan jus wortel dan apel semoga rasanya lebih nikmat.

7. Mencegah pembekuan darah

Bawang ternyata mempunyai sifat pembersih yang cukup baik. Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah sekaligus melancarkan sirkulasinya.

Selain itu, bawang juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah. Dengan demikian, penyakit menyerupai stroke (akibat pembekuan) darah sanggup dicegah.

8. Mengurangi tingkat gula darah

Tingkat gula darah sangat penting untuk diperhatikan. Bila kadarnya melebihi batas wajar,kamu akan sangat berisiko menyebabkan diabetes (penyakit gula).

Bawang putih ternyata sanggup meningkatkan insulin dalam darah, yaitu semacam zat yang berkhasiat untuk memecah glukosa menjadi energi.

Menurut penelitian, 8 dari 10 orang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin mereka mengalami penurunan tingkat gula darah secara perlahan.

9. Mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih sanggup kau manfaatkan untuk mengobati jerawat. Bawang yang dipotong dan dihancurkan akan melepaskan senyawa yang sanggup membersihkan darah serta bersifat antibiotik.Kedua senyawa inilah yang sanggup membantu mengobati jerawat.

Meski demikian, kau harus tetap melakukan pengobatan jerawat, alasannya ialah bawang putih disini hanya berperan membantu mempercepat proses penyembuhan saja.

Bagaimana, masih ragu mengonsumsi bawang putih?

Jika kau berminat mengonsumsi embel-embel bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya konsultasikan dulu kepada dokter, terutama kalau kau mempunyai kondisi medis tertentu.

Selain itu, khasiat bawang putih juga sanggup kau maksimalkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk mentah, alasannya ialah memasaknya terlalu matang sanggup menghancurkan kandungan penting didalamnya.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter