10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Manfaat Teh HijauGreen tea sudah dipakai dalam dunia pengobatan semenjak ribuan tahun yang lalu. Penelitian dalam beberapa dekade terakhir pertanda bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Teh hijau berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini pada awalnya berasal dari Cina. Berbeda dengan teh hitam yang sering kita konsumsi, teh hijau dalam pembuatannya tidak mengalami proses fermentasi. Alhasil, ia mengandung antioksidan lebih tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Antioksidan sendiri mempunyai kegunaan untuk melawan radikal bebas yang berkeliaran dalam tubuh kita. Radikal bebas yang berlebih sanggup merusak dan bahkan membunuh sel-sel tubuh, sehingga bisa memicu kanker, penuaan dini, pikun, dan penyakit-penyakit berbahaya lain.

Apa kandungan teh hijau yang sebenarnya?

Teh hijau mempunyai senyawa-senyawa bioaktif yang berguna bagi kesehatan. Sebut saja menyerupai katekin. Ia mempunyai kekuatan berkali lipat dibanding vitamin C dan vitamin E dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein yang berguna bagi tubuh kita. Lantas, tolong-menolong apa saja sih manfaat teh hijau itu? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

sudah dipakai dalam dunia pengobatan semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar Biasa

 1. Menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung

Kita tahu kolesterol dan serangan jantung merupakan dua penyakit yang tak bisa dipisahkan. Kolesterol tinggi sanggup menjadikan lambatnya sirkulasi darah yang berujung pada penyempitan pembuluh, pembekuan, hingga serangan jantung.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan bisa menaikkan kolesterol baik. Hasil dari studi lain menyatakan, bahwa polifenol yang ada dalam teh hijau kemungkinan bisa menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus menyingkirkannya.

Beberapa penelitian lain menunjukan, bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau juga mempunyai kemungkinan efektif untuk mencegah penyempitan pembuluh darah, terutama pada penderita penyakit arteri koroner.

2. Melawan kanker

Para peneliti mengungkapkan bahwa kandungan polifenol mempunyai tugas dalam membunuh sel kanker sekaligus menghentikan pertumbuhannya. Pada percobaan laboratorium yang dilakukan pada binatang, kandungan polifenol dalam teh hijau sanggup mengurangi pertumbuhan tumor.

Bagi kaum hawa, mengonsumsi teh hijau secara rutin akan sangat baik untuk menurunkan risiko terjangkit kanker ovarium dan kanker endometrium. Sedangkan bagi kaum lelaki, teh hijau sanggup berguna untuk mencegah kanker prostat yang biasanya banyak menyerang saat memasuki usia senja.

3. Mencegah diabetes

sudah dipakai dalam dunia pengobatan semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar BiasaDiabetes tipe II termasuk penyakit yang telah banyak menyerang insan pada beberapa dekade terakhir. Saat ini penderita diabetes tipe II sudah mencapai 300 juta di seluruh dunia. Dan mirisnya lagi, angka ini terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Diabetes melitus disebabkan lantaran meningkatnya gula darah yang sekaligus diikuti dengan resistensi insulin. Beberapa penelitian menunjukan, konsumsi teh hijau sanggup meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

Sebuah penelitian di Jepang menunjukan, bahwa mereka yang minum teh hijau secara rutin mempunyai risiko 42 % lebih rendah terkena diabetes tipe II. Ditambah lagi berdasarkan review 7 studi dengan total 286.701 orang, peminum teh hijau mempunyai risiko 18 % lebih rendah dari diabetes.

Intinya: beberapa uji coba tersebut telah membuktikan bahwa teh hijau sanggup menimbulkan penurunan ringan pada tingkat gula darah. Nah hal inilah yang sanggup menurunkan risiko terkena diabetes II jangka panjang.

4. Menurunkan berat badan

Teh hijau sanggup membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga akan sangat masuk logika apabila ia bisa menurunkan berat badan. Beberapa studi menunjukan, teh hijau sanggup mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut.

Salah satunya studi yang dilakukan pada 240 laki-laki dan perempuan secara acak selama 12 minggu, menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau mengalami penurunan yang signifikan dalam tubuh, baik itu presentase lemak, berat badan, lingkar pinggang, dan lemak perut.

Dengan demikian, teh hijau sangat cocok bagi kau yang sedang menjalani diet. Namun jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur ya biar risikonya optimal.

5. Menstabilkan tekanan darah

Sebenarnya manfaat teh hijau terkait tekanan darah ini masih belum pasti. Ada penelitian yang membuktikan ia bermanfaat untuk menaikkan tekanan darah. Sedangkan disisi lain, beberapa penelitian justru menyimpulkan minuman ini sanggup menurunkan tekanan darah. 

Akan tetapi yang jelas, teh hijau mengandung kalium yang sejatinya sanggup menstabilkan tekanan darah. Entah kau penderita hipertensi (darah tinggi) atau hipotensi (darah rendah), mengonsumsi teh ini sanggup membantu menstabilkannya.

6. Melindungi hati

sudah dipakai dalam dunia pengobatan semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar BiasaMenurut para andal teh hijau diprediksi sanggup membantu melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh senyawa beracun yang masuk tubuh, menyerupai contohnya alkohol. Sementara itu, penelitian yang melibatkan tikus, membuktikan bahwa teh hijau sanggup melawan tumor hati.

Kadar katekin dalam teh hijau juga ditengarai bisa membantu penyembuhan penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus. Sayangnya, kadar katekin yang dibutuhkan tidak mengecewakan banyak sedangkan kadar dalam teh hijau belum diketahui pasti, sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Meningkatkan fungsi otak dan menciptakan kita cerdas

Teh hijau termasuk salah satu minuman berkafein, sama menyerupai kopi. Namun kau tak perlu khawatir, lantaran kandungan kafein dalam minuman ini tidaklah setinggi kopi. Kafein teh hijau akan bekerja secara sinergi dengan asam amino L-theanine untuk meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, kafein dalam jumlah sesuai kadarnya sanggup meningkatkan kinerja neurotransmitter, sehingga memori dan reflek otak kita menjadi lebih baik. Sudah banyak yang mengaku lebih produktif sesudah mengonsumsi teh hijau.

8. Mencegah alzheimer dan parkinson

Teh hijau tidak hanya meningkatkan fungsi otak, tapi juga melindunginya dari banyak sekali penyakit berbahaya. Sebut saja menyerupai alzheimer dan parkinson yang merusak belahan neuron otak. Biasanya dua penyakit ini menyerang saat seseorang berumur lebih dari 50 tahun.

Beberapa studi penelitian menunjukan, bahwa senyawa catechin yang terkandung pada teh hijau bersifat protektif dalam melindungi neuron otak. Dengan demikian, mengonsumsi teh hijau secara rutin sanggup menurunkan risiko terkena alzheimer dan parkinson saat kita sudah lanjut usia nanti.

9. Menjaga kesehatan gigi dan turunkan risiko infeksi

Masih mengenai senyawa catechin atau katekin. Menurut beberapa penelitian, senyawa ini sanggup membantu membunuh kuman dan menghambat perkembangan virus yang menjadikan infeksi.

Apabila dikonsumsi secara rutin, maka teh hijau sanggup membunuh kuman dan virus yang ada dalam ekspresi kita. Inilah kenapa banyak andal menyimpulkan teh hijau sangat baik untuk mencegah karies gigi dan bau mulut.

10. Membuat kita panjang umur

sudah dipakai dalam dunia pengobatan semenjak ribuan tahun yang kemudian 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Luar BiasaTentu saja semua mahluk hidup nantinya akan mati. Namun, mengingat para peminum teh hijau mempunyai risiko lebih rendah terkena kanker dan penyakit jantung, tentu masuk logika apabila minuman satu ini sanggup menambah umur kita. Benar kan?

Dalam sebuah penelitian di Jepang dengan melibatkan 40.530 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi teh hijau (2-3 gelas per hari) secara signifikan lebih rendah mengalami risiko maut dalam periode 11 tahun, dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali. Hebat!

Bagaimana, tertarik mencoba teh hijau?

Untuk mendapat semua manfaat teh hijau di atas mengonsumsinya secara rutin saja tidak cukup guys. Mulai kini kau juga harus menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga, dan tidur teratur biar risikonya optimal.

Demikian ulasan seputar manfaat teh hijau bagi kesehatan. Bila ada yang kurang terperinci atau ingin mengembangkan tips eksklusif saja sampaikan di kolom komentar ya.

***

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter