6 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Pisang – Satu buah dengan rasa yummy yang bisa kita nikmati dengan banyak sekali cara. Menyajikannya bersama roti gandum ketika sarapan, membuatnya menjadi smoothie yang segar, dipadu-padankan dengan buah-buahan lain, atau eksklusif dimakan tanpa ada varian tambahan. Itulah buah pisang.

Tidak hanya lezat, pisang pun mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan. Menurut penelitian, ketika kau secara rutin mengonsumsi 3 buah pisang, itu sama saja memberi 1.500 mg potassium yang mempunyai kegunaan untuk menambah tenaga tubuh, melancarkan peredaran darah, merawat kulit, dan mencerdaskan otak.

 Satu buah dengan rasa yummy yang bisa kita nikmati dengan banyak sekali cara 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai manfaat pisang, sebaiknya ketahui dulu apa saja kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah pisang berukuran sedang mengandung:
  • 110 kalori
  • 0.5 gram lemak
  • 27 gram karbohidrat
  • 14 gram gula
  • 3 gram serat
  • 1 gram protein nabati
  • 25% vitamin B6
  • 16% mangan
  • 14% vitamin C
  • 12% potassium
  • 12% fiber
  • 10% copper
  • 10% biotin
  • 8% magnesium

 Satu buah dengan rasa yummy yang bisa kita nikmati dengan banyak sekali cara 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Berikut sederet manfaat pisang bagi kesehatan yang bisa kau dapatkan:

 Satu buah dengan rasa yummy yang bisa kita nikmati dengan banyak sekali cara 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan energi tubuh

Saat merasa lelah dan tidak berenergi, kau bisa mengonsumsi buah ini. Hanya dalam sekejap saja, tubuh kau akan kembali bertenaga.

Buah pisang mengandung karbohidrat dalam bentuk gula yang sanggup dicerna eksklusif oleh tubuh menjadi energi. Ini sangat baik untuk menggantikan energi sehabis kau berolahraga atau kegiatan fisik yang berat.

2. Kaya akan potassium (kalium)

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium, setidaknya mengandung 500 mg kalium per pisang.

Ada banyak sekali manfaat kalium untuk tubuh kita. Mulai dari melancarkan peredaran darah, mencegah serangan jantung, mengurangi kolesterol, cegah stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, berdasarkan penelitian konsumsi kalium yang cukup juga sanggup membantu mengurangi risiko terkena watu ginjal, asam urat, ADHD, sakit punggung, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat, yang kira-kira sanggup mencukupi 10 % kebutuhan serat harian. Serat yang terkandung dalam buah pisang sanggup membantu mengatasi sembelit, kembung, diare dan banyak sekali persoalan pencernaan lain.

Serat buah pisang sanggup pula membantu pemeliharaan dan pemulihan fungsi usus. Mengingat, kandungan serat tersebut bekerja dengan mengikat kotoran dan racun, kemudian membuangnya melalui sistem ekskresi kita.

4. Memperbaiki mood dan menciptakan hatimu bahagia

Pisang mengandung asam amino yang disebut dengan triptofan. Senyawa ini memfasilitasi dalam regulasi serotonin dalam tubuh, atau yang disebut juga dengan hormon bahagia.

Mengonsumsi buah pisang secara rutin sanggup membantu memperbaiki suasana hati kita, sekaligus menghilangkan depresi dan kecemasan. Makara kalau kau lagi galau, tak ada salahnya deh mengonsumsi buah satu ini. Hehe.

5. Baik untuk otak, kulit, dan tulang

Mangan termasuk nutrisi yang penting bagi fungsi sistem organ dalam tubuh. Seperti menjaga struktur tulang rangka tetap kuat, menjaga kesehatan kulit, fungsi otak, dan mengurangi dampak radikal bebas.

Satu buah pisang bisa mencukupi 16 % kebutuhan mangan harian kita. Ditambah lagi, pisang mengandung vitamin C tinggi yang sanggup memicu produksi kolagen, sehingga akan menciptakan kulit selalu kekal muda.

6. Mengandung rendah kalori, jadi cocok untuk diet

Daripada kau ngemil masakan yang enak tapi kurang sehat, lebih baik ganti dengan buah satu ini. Pisang termasuk buah rendah kalori, hanya 100-110 kalori per buah pisang berukuran sedang. Mengonsumsinya secara rutin tidak akan menciptakan timbanganmu semakin mengkhawatirkan.

Ditambah lagi, buah pisang mempunyai kandungan serat yang tidak mengecewakan tinggi. Selain baik bagi pencernaan, serat juga mempunyai kegunaan untuk menciptakan perut kenyang lebih lama. Jadi, pisang cocok untuk mendukung program diet yang mungkin sedang kau jalani.

Cara Mengonsumsi Pisang yang Sehat

Pisang yang sudah matang bisa eksklusif disantap, tapi kau juga bisa mengolahnya menjadi banyak sekali jenis masakan camilan. Menurut para ahli, buah pisang bisa menjadi masakan kudapan yang lebih sehat dibanding biskuit.

 Satu buah dengan rasa yummy yang bisa kita nikmati dengan banyak sekali cara 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Akan tetapi ingatlah untuk hindari mengonsumsi pisang dengan cara digoreng, menyerupai contohnya pisang goreng atau pisang molen. Menggoreng bisa mengubah pisang menjadi masakan yang merugikan, sebab justru memusnahkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan kadar lemak trans. 

Hal tersebut bisa meningkatkan risiko kau terkena kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit serangan jantung. Ingat-ingat ya!

Jadi bagaimana mengolah pisang biar kebaikan yang terkandung di dalamnya sanggup bertahan? Nah beberapa tipsnya:
  • Dijadikan sebagai jus atau smoothie. Kamu bisa menambahkan susu rendah lemak, madu, dan buah-buahan segar lain.
  • Campurkan irisan pisang dengan oatmeal. Supaya lebih bernutrisi lagi, kau bisa juga menambahkan kacang almond atau buah-buahan lain.
  • Pisang yang telah dihaluskan juga bisa dicampur dengan gabungan kudapan elok bolu. Selain sanggup menambah cita rasa, kudapan elok bolu buatanmu juga akan lebih bernutrisi.
  • Mengoleskan selai kacang pada pisang juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Note: untuk mendapat sederet manfaat pisang di atas, jangan lupa imbangi pula dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi dengan cara yang bijak.

Itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa aku sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas, atau ada pertanyaan eksklusif saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter