8 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Tanda Kehamilan – Terlambat tiba bulan bergotong-royong hanya salah satu dari tanda-tanda kehamilan. Masih ada banyak ciri lain yang membuktikan kalau seorang perempuan benar hamil. Bahkan kau sanggup mengetahui tanda-tanda hamil tersebut sebelum keterlambatan haid terdeteksi.

Mengetahui tanda kehamilan sangatlah penting bagi calon ibu. Sebab bila kehamilan tak segera terdeteksi maka akan memicu keguguran. Telah banyak kasus keguguran yang disebabkan lantaran ketika hamil muda ibu mengonsumsi masakan yang seharusnya dilarang dikonsumsi ketika janin masih lemah.

Ditambah lagi, ketika ini masih banyak yang belum sanggup membedakan antara tanda kehamilan yang sebenarnya, dengan tanda-tanda tiba masa menstruasi. Hal ini masuk akal terjadi alasannya ialah keduanya memang mempunyai tanda yang hampir mirip. Oleh alasannya ialah itu, yuk kenali tanda kehamilan yang bergotong-royong berikut ini.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan 

 Terlambat tiba bulan bergotong-royong hanya salah satu dari tanda 8 Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui Calon Ibu


1. Pusing

Banyak perempuan yang mengeluhkan sakit kepala di awal kehamilannya. Karena itu, berhati-hatilah mengonsumsi obat sakit kepala. Jika tak terpaksa, sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan, kau sanggup mengatasinya dengan istirahat sejenak.

Perubahan hormon sering dikaitkan dengan penyebab sakit kepala ini. Namun pendapat lain juga menyatakan, bahwa sakit kepala ketika awal kehamilan disebabkan lantaran menyempitnya pembuluh darah.

2. Perubahan pada payu-dara

Perubahan hormon pada awal kehamilan sanggup menciptakan payu-dara menjadi lebih padat, lembut, sensitif, dan lebih kencang. Bagian put-ing terlihat lebih muncul dan berwarna lebih gelap dengan pembuluh darah yang lebih nampak pada potongan permukaan kulit payu-dara.

Tanda kehamilan ini menyerupai ketika menstruasi. Tapi pada ketika hamil, nyeri yang ditimbulkan sanggup berkali-kali lipat meski hanya sedikit tersentuh saja. Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat sering dikaitkan sebagai penyebab munculnya kondisi menyerupai ini.

3. Sering ngantuk dan lelah berlebihan

Kelelahan yang hiperbola tanpa alasannya ialah sanggup menjadi tanda awal kehamilan. Rasanya kau hanya ingin bermalas-malasan di kamar tanpa melaksanakan acara menyerupai biasanya. Namun hindari mengatasi ngantuk dan lelah hiperbola ini dengan kafein ya, lantaran membahayakan janin.

Kondisi ngantuk dan lelah hiperbola tanpa alasannya ialah umumnya disebabkan lantaran imbas hormon progesteron dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Tetapi jikalau kondisi menyerupai ini tak kau kelola dengan baik, maka sanggup memicu stres atau bahkan depresi.

4. Penciuman lebih sensitif

Adanya janin dalam kandungan akan menciptakan ibu lebih peka dalam penciuman. Kondisi semacam ini sebetulnya merupakan naluri alami biar ibu tak mengonsumsi masakan yang berakibat jelek bagi janin. Makanan yang biasanya kau konsumsi pun akan menjadi terasa eneg dan tak jarang mengakibatkan mual.

Penciuman tak hanya berlaku pada masakan saja, tapi juga bau-bauan lainnya yang membahayakan janin. Baik itu anyir positif menyerupai minyak wangi ataupun anyir negatif yang berasal dari asap rokok, knalpot, debu, dan polusi udara lainnya.

5. Mual-mual dan muntah

Dilansir dari alodokter.com, hampir 50 % perempuan hamil akan mengalami mual dan muntah yang terjadi kira-kira sebulan sesudah haid berakhir. Pada beberapa wanita, mual sanggup terjadi di pagi hari yang lebih dikenal dengan morning sickness.

Namun pada sebagian perempuan lain, kondisi ini sanggup muncul sepanjang hari. Mual dan muntah di pagi hari disebabkan lantaran meningkatnya asam lambung di malam hari dan naiknya kadar hormon beta-HCG.

Mual dan muntah sanggup diatasi dengan selalu menjaga biar perut tidak kosong, apalagi ketika kau mengonsumsi vitamin. Makanlah sedikit demi sedikit, tapi lebih sering. Mengonsumsi jeruk atau permen mint juga sanggup meringankan tanda-tanda ini. Biasanya mual akan berlangsung selama 5 bulan kehamilan. Baca cara mengatasi mual ketika hamil.

6. Suasana hati (mood) yang berubah-ubah

Sejam yang kemudian kau bercanda dengan suami, tapi setelahnya kau sangat gampang sekali emosi dengannya. Suasana hati yang berubah-ubah menyerupai ini sanggup menjadi tanda awal kehamilanmu. Meningkatnya hormon dalam badan menjadi pemicu kau gampang murka tanpa alasan yang jelas. Mirip ketika kau PMS.

7. Sering kencing tapi susah BAB

Perubahan hormon dalam badan juga mengakibatkan kebanyakan perempuan lebih sering ingin buang air kecil pada awal kehamilan, terutama di malam hari. Pada tahap selanjutnya, harapan buang air kecil lebih disebabkan lantaran pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

Disamping itu, kau justru akan mengalami susah buang air besar. Biasanya kau BAB sehari sekali akan mengalami perubahan menjadi tiga hari sekali. Perubahan hormon menciptakan sistem pencernaan menjadi lambat, sehingga menimbulkan sembelit atau kontipasi. Atasi dengan banyak makan buah berserat.

8. Terlambat tiba bulan (haid)

Terlambat haid ialah tanda kehamilan yang paling terlihat jelas. Ini berarti sel telur telah dibuahi dan tak meluruh bersama dinding rahim menjadi menstruasi. Namun meski demikian, ada beberapa kondisi lain yang menimbulkan seseorang telat mens.

Misalkan lantaran stres, berdiet ketat, siklus yang tak tentu, atau justru gangguan sistem hormonal. Oleh alasannya ialah itu, pentingnya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui lebih jelasnya apakah kau hamil atau tidak.

Tes Kehamilan


 Terlambat tiba bulan bergotong-royong hanya salah satu dari tanda 8 Tanda Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Semua kondisi di atas sayangkan tidak selalu merujuk pada tanda-tanda kehamilan, melainkan juga sanggup menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Beberapa perempuan bahkan ada yang tak mengalami sama sekali tanda-tanda diatas sebelum ia hamil.

Menggunakan alat tes kehamilan (test pack) yang dijual bebas di pasaran sanggup memilih kepastian kehamilan yang kau alami. Tes kehamilan ini bekerja dengan mendeteksi hormon hCG yang diproduksi sepekan sesudah pembuahan terjadi.

Tes kehamilan dilakukan dengan memakai sampel urin, terutama di pagi hari. Tempatkan urin dalam sebuah wadah yang bersih, kemudian celupkan test pack kedalamnya. Hasil positif ditunjukan dengan munculnya dua garis merah dan hasil negatif ditunjukan dengan satu garis merah.

Kemunculan hasil positif kemungkinan besar akurat kalau kau benar hamil. Namun bila muncul hasil negatif sebaiknya lakukan tes sepekan lagi untuk memastikan hasilnya. Bila perlu, pastikan hasil juga dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Itulah informasi tanda-tanda kehamilan yang sanggup saya bagikan kali ini. Jika ada tanda-tanda lain yang menurutmu sanggup dijadikan contoh segera tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 

***

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter