9 Cara Mengobati Sakit Pinggang Yang Benar Tanpa Obat

Cara Mengobati Sakit Pinggang – Katanya sih penyakit orang tua, tapi nyatanya banyak juga yang terkena sakit pinggang di usia yang masih terbilang muda. Baik itu pekerja berat, atlet, ibu hamil, ataupun karyawan semua sanggup mengalaminya. Munculnya sakit pinggang sanggup disebabkan salah satunya lantaran otot terkilir.

Biasanya banyak yang mengatasi keluhan nyeri dengan mengonsumsi obat sakit pinggang. Memang sesudah beberapa jam sakit tersebut akan hilang, tapi bergotong-royong ia masih sanggup kambuh lagi sesudah imbas obat habis. Oleh alasannya ialah itu, sebelum memutuskan konsumsi obat, sebaiknya terapkan beberapa cara berikut.


 tapi nyatanya banyak juga yang terkena sakit pinggang di usia yang masih terbilang muda 9 Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Tanpa Obat

Penyebab Sakit Pinggang yang Sebenarnya

Sakit pinggang merupakan sakit yang terjadi di area bawah tulang rusuk atau iga hingga atas tulang kaki. Setiap penderita akan mengalami rasa sakit yang berbeda-beda, mulai yang tidak terlalu sakit tapi bertahan hingga 12 ahad atau lebih (kronis), hingga nyeri teramat sangat yang tiba secara tiba-tiba selama beberapa hari atau ahad dan membuat kau tak sanggup bergerak sama sekali.

Sakit pinggang sanggup disebabkan lantaran banyak hal, salah satunya lantaran otot yang terkilir dan keseleo. Sangat penting kiranya bagi kau untuk mengetahui dulu penyebabnya sebelum melaksanakan pengobatan, biar tak salah sasaran. Berikut beberapa penyebab sakit pinggang yang mungkin terjadi padamu.
  • Otot terkilir dan keseleo
Terkilir sanggup menjadi penyebab utama sakit pinggang akut. Terkilir terjadi dikarenakan ada otot yang meregang secara berlebihan, atau robeknya ligamen (jaringan ikat sendi). Sedangkan keseleo, biasa disebabkan oleh tendon (jaringan yang melekatkan otot pada tulang) atau otot yang robek.

Nah kedua hal tersebut sanggup terjadi lantaran beberapa aktivitas, menyerupai kau memutar badan, mengangkat barang terlalu berat, mengangkat barang dengan posisi tubuh kurang tepat, atau melaksanakan peregangan secara berlebihan.
  • Bentuk tulang belakang
Kelainan bentuk tulang belakang bawaan semenjak lahir menyerupai kifosis atau lordosis, juga sanggup menjadi penyebab sakit pinggang. Biasanya mereka akan mencicipi efeknya sesudah memasuki usia pertengahan sekitar 30 tahunan.
  • Trauma
Ligamen, tendon, dan otot luka juga sanggup disebabkan lantaran cedera ketika berolahraga, kecelakaan mobil, atau jatuh dari ketinggian tertentu. Jika sakit pinggang kau disebabkan lantaran kecelakaan serius, ada baiknya pribadi bawa ke dokter untuk mendapat penanganan terbaik.
  • Sebab lainnya
Selain penyebab diatas, masih ada alasannya ialah lain yang dipercaya sanggup menjadikan sakit pinggang. Misalnya menyerupai infeksi organ reproduktif pada wanita, sakit kerikil ginjal, penyempitan jarak antar tulang belakang, radang kelenjar prostat, sindrom pramenstruasi, kehamilan, keguguran, aborsi, kanker prostat, obesitas (kegemukan), osteoporosis (keropos tulang), dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami Tanpa Obat

Kebanyakan sakit pinggang akut bergotong-royong sanggup sembuh dengan sendiri tanpa penanganan khusus. Sedangkan sakit pinggang kronis membutuhkan perawatan medis dan mekanisme bedah. Berikut beberapa cara yang sanggup kau coba untuk meredakan sakit pinggang secara alami.

1. Koyo dan krim
 tapi nyatanya banyak juga yang terkena sakit pinggang di usia yang masih terbilang muda 9 Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Tanpa Obat

Koyo dan krim pereda rasa nyeri sanggup kau gunakan untuk meringankan sakit pinggang yang dialami. Krim dan koyo yang dijual bebas di pasaran biasanya mengandung bahan-bahan seperti:
  • Salisilat: mempunyai kegunaan untuk meredakan rasa sakit ketika terserap kedalam kulit, terutama di kepingan sendi akrab kulit, menyerupai jari, lutut, dan siku.
  • Counterirritants: materi menyerupai mentol yang sanggup membuat sensasi hambar atau panas di kulit sehingga meminimalkan rasa sakit.
  • Capcaisin: ketika pertama kali dioleskan, krim dan koyo yang mengandung materi ini akan membuat rasa panas dan menimbulkan kesemutan. Tidak diharapkan waktu yang usang untuk mencicipi imbas dari senyawa ini dalam mengurangi nyeri.
Keduanya mempunyai keunggulan ketika kita gunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Krim sanggup kau gunakan hanya dengan mengoleskan ke kepingan yang terasa sakit. Krim yang sudah dioleskan juga sanggup kita hilangkan dengan mencuci menggunakan air. Orang lain pun sanggup tak tahu jikalau kau sedang menggunakan krim pereda nyeri, lantaran krim tak menimbulkan bekas atau tak terlihat kasat mata.

Sedangkan pemakaian koyo juga sangat praktis. Kamu tinggal menempelkan koyo ke kepingan yang terasa nyeri. Kita pun sanggup mengatur serapan materi aktif ke dalam kulit, apakah pengen panas atau tidak. Pemakaian koyo diyakini tidak akan mengakibatkan overdosis, lantaran materi aktif dan luas permukaan sudah dihitung untuk para pemakainya.

2. Ganti posisi tidur


 tapi nyatanya banyak juga yang terkena sakit pinggang di usia yang masih terbilang muda 9 Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Tanpa Obat

Terkadang posisi tidur yang salah sanggup menjadi penyebab sakit pinggang. Sebab otot kita belum terbiasa dengan aneka macam posisi tidur. Kamu sanggup mengubah posisi tidur untuk mengurangi rasa sakit. Bila kau tidur miring, tarik kaki sedikit ke arah dada kemudian letakan bantal diantara kedua kaki. Sementara itu jikalau tidur terlentang, letakkan bantal di bawah lututmu.

3. Mandi air panas

Menurut para ahli, mandi air panas sanggup membantu merileksasikan otot dan melancarkan pedoman darah dalam tubuh kita. Ketika sakit pinggang cobalah untuk selalu mandi menggunakan air hangat guna mengurangi rasa nyeri.

Tapi bila tidak memungkinkan, kau sanggup menggunakan kompres botol yang diisi dengan air hangat. Tempelkan botol berisi air hangat tadi ke kepingan pinggang yang sakit dan ulangi terus hingga membaik.

4. Relaksasi

Bersantai atau relaksasi merupakan hal yang penting untuk mengurangi sekaligus mengatasi sakit pinggang lantaran ketegangan otot yang disebabkan oleh psikis atau pikiran tegang.

Penelitian menunjukan, orang yang selalu berfikiran positif meskipun sedang sakit cenderung akan pulih dengan cepat dan menghindari sakit pinggang jangka panjang. Selain bersantai, kau sanggup relaksasi dengan yoga dan meditasi.

5. Gunakan obat herbal sakit pinggang berikut

Nenek moyang kita dulu menggunakan tanaman-tanaman tertentu sebagai obat sakit pinggang alami. Sebut saja menyerupai jahe merah, cabe rawit, bawang, daun kumis kucing, daun dewa, daun beluntas, dan akar ilalang. Bahan-bahan herbal ini mengandung senyawa aktif yang sanggup meredakan rasa nyeri.

Namun kita tidak perlu menggunakan semua materi diatas. Cukup siapkan 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit, dan 30 gram daun yang kuasa segar. Rebus semua materi tadi dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Selanjutnya saring dan minum selagi masih hangat secara teratur.

6. Bergerak aktif

Orang banyak bergerak cenderung akan lebih cepat sebuh dibandingkan dengan mereka yang setiap harinya hanya tiduran. Jalan-jalan di sekitar rumah atau ke warung terdekat sudah cukup untuk mengurangi sakit pinggang. Pada awalnya mungkin sakit, tapi tetaplah berusaha bergerak setiap hari biar cepat sembuh.

7. Olahraga

Bagi kau yang masih sanggup bergerak aktif, lebih baik lakukan olahraga ringan biar sakit pinggang tak semakin parah. Olahraga menyerupai berenang dan yoga secara rutin sanggup membantu mengobati dan cegah sakit pinggang tiba lagi. Yang terpenting ialah, pilih jenis olahraga yang kau senangi dan tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan.

8. Terapi akupuntur

Jika sesudah melaksanakan beberapa tips diatas sakit pinggangmu tidak kunjung sembuh selama lebih dari enam minggu, hubungilah dokter terpercaya untuk melaksanakan fisioterapi, chiropractic atau akupuntur. Biasanya dari sini dokter akan memperlihatkan proposal bagaimana baiknya dalam mengobati keluhanmu.

9. Operasi

 tapi nyatanya banyak juga yang terkena sakit pinggang di usia yang masih terbilang muda 9 Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Tanpa Obat

Operasi sanggup menjadi jalan terakhir apabila aneka macam cara diatas sudah kau lakukan tapi sakit pinggang masih menghantui, bahkan hingga membuat kau tak bisa tidur dan tidak sanggup menjalani kegiatan menyerupai biasanya.

Pada dasarnya semua orang tidak ingin menderita sakit pinggang, apalagi hingga dibawa ke meja operasi. Oleh alasannya ialah itu, segera hubungi instalasi gawat darurat jikalau kau menderita sakit pinggang disertai dengan sesak nafas, sakit dada, tak sanggup bergerak sama sekali, nyeri parah di pinggang/leher, dan mati rasa.

Itulah cara mengobati sakit pinggang yang sanggup saya share kali ini. Pepatah berkata mencegah itu lebih baik dari mengobati. Jadi, jangan hingga kau terkena suatu penyakit berbahaya hanya lantaran duduk perkara yang sepele, menyerupai salah posisi tidur dan sejenisnya. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter