Kandungan Dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan – Buah salak atau dalam bahasa latinnya di kenal dengan nama sallaka edulis, sedangkan di Amerika Serikat dan juga di Eropa dikenal dengan nama Snake Fruit karena kulit buah ini mirip dengan sisik ular.

Kandungan dan Manfaat Buah Salak
Kandungan Dan Manfaat Buah Salak
Buah salak sendiri merupakan jenis buah yang dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis, buah ini banyak tumbuh di Indonesia. Meskipun tidak setenar buah apel, jeruk ataupun buah pisang. Buah salak juga selain rasanya manis dan menyegarkan, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Buah Salak
Buah salak juga memiliki kandungan gizi yang lengkap, meliputi : 
  • Energi 
  • Karbohidrat 
  • Protein 
  • Lemak 
  • Zat besi 
  • Kalsium 
  • Fosfor 
  • Vitamin B 
  • Vitamin C 
  • Serat 
  • Mineral
Dengan memiliki kandungan gizi yang lengkap dan baik untuk tubuh, khasiat buah salak untuk kesehatan memang telah terbukti dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Manfaat yang akan didapat dengan mengkonsumsi buah salak sangat banyak, yaitu : 

1. Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh
  • Dapat Meningkatkan Sistem Imun - Buah salak memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuki kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu dapat menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap serangan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. 
  • Menjaga Kesehatan Mata - Menurut dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyimpulkan bahwa kandungan betakaroten yang terdapat pada buah salak ini dua kali lebih banyak dibandingkan dengan wortel, mangga, tomat dan juga semangka. Maka dari itu, mengkonsumsi buah salak secara rutin dapat menjaga sekaligus memperbaiki daya penglihatan sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah mata rabun. 
  • Dapat Mencegah Kanker - Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah salak ini sangat tinggi, sehingga mampu mencegah serangan radikal bebas berbahaya dan juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. 
  • Dapat Mengobati Diare - Salak juga sangat eektif untuk mengobati masalah kesehatan pada pencernaan, salah satunya dapat mengobati diare. Hal ini dikarenakan, salak memiliki kandungan Tanin yang terbukti ampuh untuk meghentikan diare. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah salak secara rutin dapat memperlancar sistem pencernaan dan juga melancarkan buang air besar. 
  • Mencerdaskan Otak Anak - Menurut dari hasil penelitian kandungan potasium dan juga pektin yang terdapat pada buah salak mampu merangsang kinerja otak dengan cara menutrisi otak dan juga memperlancar sirkulasi darah menuju otak.
2. Manfaat Buah Salak Untuk Kecantikan
Buah salak tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga sangat baik untuk kecantikan bagi para kaum wanita. Dengan mengkonsumsi buah salak secara rutin dipercaya mampu menjaga keremajaan kulit, mencegah kulit kering, keriput dan menjaga proses regenerasi kulit. 
3. Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil
Wanita yang sedang hamil tentunya sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup setiap harinya, sehingga sang ibu hamil dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang sering di alami selama kehamilannya. Bagi ibu hamil muda biasanya sering mengalami morning sickness atau sering merasa mual di pagi hari. Untuk mengatasinya, bunda bisa mengkonsumsi buah salak karena rasa pada buah salak sangat ampuh untuk menghilangkan rasa mual dan keinginan muntah ketika hamil muda. 

4. Manfaat Buah Salak Untuk Bayi
Bayi masih berlum diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara langsung, namun untuk mendapatkan manfaat buah salak bagi bayi ini dapat diperoleh melalui ASI. Caranya yaitu, sang ibu disarankan untuk mengkonsumsi buah salak, sehingga kandungan gizi dari buah salak ini akan disalurkan melalui ASI. Manfaat buah salak untuk bayi diantaranya yaitu dapat mempercepat proses pertumbuhan tulang dan perkembangan jaringan otak sehingga bayi akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

5. Manfaat Buah Salak Untuk Diet
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh langsing dan indah, maka disarankan untuk rajin mengkonsumsi buah salak. Hal ini dikarenakan, buah salak mengandung vitamin C tinggi yang dapat bermanfaat untuk mengubah lemak menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, buah salak juga mengandung serat alami yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah terjadi penumpukan lemak dalam usus. 
Catatan :
Buah salak tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit maag dan tifus, karena terdapat beberapa kandungan yang tidak baik untuk kondisi kesehatannya. 

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Buah Salak, semoga ulasan kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua.

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter