20 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Sesuai dengan tema kali ini, kami ingin mengajak anda untuk mengulas tentang beragam Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh. Buah unik yang satu ini memiliki bentuk yang sangat khas dan berbeda dengan buah-buah pada umumnya, buah ini dapat dikonsumsi siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buah naga merah sangat kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat mencegah berbagai jenis penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah yang dikenal dengan nama Pitaya. Sedangkan untuk nama naga (Dragon) sendiri diambil dari kepercayaan penduduk Vietnam yang menganggap jika buah ini merupakan buah yang dberkahi, sehingga mereka memiliki kebiasaan meletakan buah naga tersebut di antara dua patung naga.

Kembali pada topik utama, bahwa buah naga salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi. Selain memiliki banyak sekali kandungan vitamin, di dalam buah naga juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Buah naga juga kaya akan kandugan serat alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pada pencernaan dan sekaligus mengatur kadar gula dalam darah. Selain buahnya, ternyata biji buah naga juga sangat berkhasiat untuk kesehatan, karena pada bijinya tersebut mengandung asam lemak esensial dalam jumlah yang cukup banyak. Berbagai kandungan zat inilah yang menjadikan buah naga dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, sehingga buah ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan sehat setiap hari sama halnya dengan buah apel.

Jenis - Jenis Buah Naga Dan Manfaatnya
Buah naga sendiri terdiri dari 4 jenis, keempat buah naga ini dibedakan berdasarkan warna buah dan kulitnya. Ada dua jenis buah naga yang memiliki daging buah berwarna merah dengan kulit berwarna merah atau merah muda. Dan ada juga dua jenis buah naga yang pada bagian daging buahnya berwarna putih dengan kulit buahnya yang berwarna merah dan kuning. Keempat jenis buah naga ini semuanya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh, hanya saja keempat buah naga tersebut memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Diantara keempat buah naga tersebut, buah naga merah memang yang paling unggul.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Seperti yang telah kami singgung di atas bahwa buah naga merah kaya akan kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa dirasakan, anda bisa simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

Menjaga Fungsi Kesehatan Penglihatan
Selain wortel, buah naga pun kaya akan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, buah naga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk di konsumsi oleh keluarga setiap hari.

Mencegah Kanker
Penyakit kanker termasuk salah satu penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, oleh karena itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hanya dengan rutin mengkonsumsi buah naga setiap hari anda dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu untuk mencegah kerusakan sel / DNA. Kerusakan sel inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya sel kanker.

Mencegah & Mengatasi Diabetes
Kandungan kadar gula pada buah naga yang tinggi berfungsi untuk mencegah sekaligus mengatasi diabetes. Serat alami pada buah naga di percaya untuk melancarkan sistem pencernaan dan yang paling terpenting untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kandungan vitamin B3 bermanfaat untuk mencegah serta mengatasi penyakit diabetes (tipe 1 dan 2).

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat dari buah naga berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan organ jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikan kadar kolesterol baik di dalama tubuh. Kandungan phytochemical captin pada buah naga ini lah yang berfungsi untuk menjaga kesehan jantung dan mengobati masalah organ jantung lainnya.

Menjaga Kesehatan Tulang
Meskipun kandungan kalsium pada buah naga tidak begitu banyak, hanya mencukupi 1% untuk setiap 100 gram buah. Jika dibandingkan dengan 18% kebutuhan 100 gram susu. Kandungan zat besi yang cukup pada buah naga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutan harian zat besi.

Selain itu, masih ada lagi manfaat buah naga untuk kesehatan lainya. Kandungan antioksidan yang berasal dari vitamin C tidak hanya berfungsi untuk mencegah kanker, namun berperan penting juga untuk meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh) sehingga tubuh tidak mudah terserang virus penyakit. Nah, dengan rutin mengkonsumsi buah naga setiap hari maka anda dan keluarga dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit ringan seperti batuk, flu, sariawan, sakit tenggorakan, batuk serta penyakit lainya.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, maka anda wajib untuk memasukan buah naga ke dalam daftar menu diet anda. Mengapa? Karena buah naga memiliki sedikit kalori (sekitar 10%), namun banyak mengandung serat. Kandungan serat inilah yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus membantu proses penyerapan nutrisi lebih optimal.

Baca Juga :
Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet Sehat
Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah penyakit, buah naga juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan program diet. Buah naga merah ini mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mendukung program diet yang sedang anda jalani, karena dengan mengkonsumsi buah ini mampu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian yang cukup dan lengkap selama menjalankan program diet. Selain itu, di dalam buah naga memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit dan 10% dari buah ini merupakan kandungan karbohidrat. Di dalam 100 gram buah naga merah hanya mengandung 3% karbohidrat, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cara menjalankan diet sehat.

Selain itu, buah naga merah juga memiliki kandungan serat alami yang mampu melancarkan pencernaan serta membantu proses penyerapan nutrisi makanan secara optimal mengingat ketika menjalankan diet anda akan makan dalam jumlah sedikit. Untuk itu, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi harian yang cukup dan seimbang. Untuk itu, buah naga merah ini dapat menjadi teman diet anda sehingga pencernaan anda dapat bekerja dengan baik dan lancar selama menjalani program diet.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai beragam Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Tubuh, semoga dengan ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter