7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Cara-sehat.id - Tahukan anda, apa saja Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh? Manfaat buah tomat untuk kesehatan memang telah dibuktikan oleh para pakar kesehatan, di dalam buah tomat terdapat banyak sekali kandungan nurisi yang sangat baik dalam memelihara fungsi dari setiap organ di dalam tubuh dan sekaligus dapat memperlancar semua sistem yang sedang berjalan di dalam tubuh. Kandungan nutrisi yang paling banyak terdapat pada buah tomat yaitu vitamin C dan air.


Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan
Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap atau bumbu masakan, ternyata buah tomat juga sering dijadikan sebagai minuman jus yang nikmat dan menyegarkan. Dengan minum jus tomat secara secara rutin setiap hari pada pagi dan malam menjelang tidur, maka secara tidak langsung sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.

Manfaat Minum Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Jus tomat untuk kesehatan Tubuh
Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan
Berikut ini telah kami siapkan informasi mengenai beberapa manfaat minum jus tomat setiap untuk kesehatan tubuh, yaitu :

1. Membakar Lemak Berlebih
Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat ini ternyata sangat efektif untuk membantu dalam membakar lemak berlebih di dalam tubuh. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka solusi terbaiknya yaitu dengan minum jus tomat 2 kali sehari dan diimbangi dengan rajin berolahraga serta mengatur pola makan yang tepat setiap hari.

2. Mencegah Kanker
Vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat sangat tinggi dan dapat berperan sebagai senyawa antioksiodan yang sangat baik untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi pada buah tomat juga sangat efektif untuk mencegah kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar dan juga kanker paru-paru.

Pernyataan tersebut merupakan sebuah kesimpulan dari hasil studi yang telah dimuat di Journal of the National Cancer Institute yang menjelaskan bahwa terdapat suatu hubungan antara mengkonsumsi buah tomat dengan menurunnya resiko kanker. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian pada 72 penelitian dan hasil 52 penelitian menunjukan bahwa dengan minum jus tomat setiap hari dapat menurunkan resiko kanker dengan sangat efektif.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Dengan minum jus tomat secara rutin dalam jumlah cukup mampu menyuplai kalsium dengan baik pada tulang dan gigi, sehingga kesehatan gigi dan tulang akan terpelihara dengan sangat baik. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa kalsium sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang agar tidak mudah keropos, serta menjadikan gigi lebih kuat.

Simak Juga : Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

4. Mengontrol Kadar Kolesterol Penyebab Hipertensi
Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol yang di kenal dalam istilah kolesterol jahat (LDL) dan juga kolesterol baik (HDL). Jumlah kadar kolesterol baik harus lebih banyak dibandingkan dengan kolesterol jahat, jika kondisinya terbalik maka dapat memicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut secara tidak langsung dapat menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit serius seperti penyakit jantung dan juga stoke.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Bagi anda yang sering menghabiskan waktu dengan bekerja di depan komputer, maka sebaiknya anda rajin minum jus tomat setiap hari dalam jumlah yang cukup. Hal ini dikarenakan, di dalam buah tomat terdapat kandungan vitamin A, niacin, thiamine dan juga asam folat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan ketajaman daya penglihatan anda.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kadar gula darah tidak boleh melebihi batas normal, karena jika jumlahnya melewati batas normal dapat memicu meningkatnya resiko penyakit diabetes. Penyakit diabetes memang di klaim tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikontrol agar kadar gula dalam darah tidak mengalami peningkatan secara berlebihan. Selain menerapkan pola makan yang sehat sesuai anjuran dokter, anda juga bisa mengontrol gula darah dengan minum jus tomat setiap hari dalam jumlah cukup.

Simak Juga : Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Rambut

Itulah beberapa manfaat minum jus tomat setiap hari untuk kesehatan tubuh. Anda bisa minum1 gelas jus tomat pada pagi dan malam sebelum tidur.

Efek Samping Minum Jus Tomat Terlalu Banyak
Meskipun manfaat jus tomat sangat baik untuk kesehatan, tetapi jika diminum dalam jumlah yang terlalu banyak malah dapat menimbulkan efek samping seperti berikut.

• Sistem imun menjadi tidak stabil
Di dalam buah tomat mentah mengandung karotenoid pigmen likopen yang merupakan senyawa kimia yang dapat mencegah kanker jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. tetapi jika terlalu berlebihan malah dapat berdampak pada penurunan sistem imun tubuh yang menjadikan tubuh mudah terserang virus, bakteri dan jamur penyebab penyakit.

• Mengalami masalah pencernaan
Buah tomat diperkaya dengan kandungan asam, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mempengaruhi kerja dari sistem pencernaan. Salah satu jenis penyakit yang bisa muncul akibat terjadoinya gangguan pada usus yaitu penyakit GERD (refluks asam).

• Dapat Memicu IBS (Irritable Bowel Syndrome)
Senyawa antioksidan likopen yang terdapat pada buah tomat ternyata bisa berlabli menjadi pemicu penyakit IBS jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Tubuh juga bisa mengalami ganguan pada usus seperti perut kembung, gangguan pencernaan, mual-mual, muntah, diare dan masalah pencernaan lainnya. Maka dari itu, sangat tidak disarankan mengkonsumsi likopen dalam jumlah melebihi 30 mg per hari.

• Pembentukan Batu Ginjal
Jika anda memiliki riwayat penyakit gatu ginjal berukuran kecil, maka sangat tidak disarankan mengkonsumsi atau minum jus tomat secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, sumber kalsium dan senyawa oksalat yang terdapat pada buah tomat sulit untuk dicerna jika sebelumnya anda sudah memiliki riwayat batu ginjal. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, kandungan kalsium dan oksalat akan menumpuk pada ginjal dan akan membentuk batu ginjal berukuran lebih besar.

• Kelebihan Vitamin
Meskipun vitamin sangat baik untuk tubuh, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti sakit kepala, sakit ginjal, mual, muntah dan masalah kesehatan lainnya. Perlu anda ketahui bahwa dengan mengkonsumsi atau membuat jus dengan satu buah tomat berukuran sedang dapat mencukupi kebutuhan vitamin sekitar sepersepuluh dari kebutuhan vitamin harian tubuh.

Simak Juga : Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Jadi, bagi anda yang berniat untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi vitamin bagi tubuh dengan cara minum jus tomat, maka minumlah dalam jumlah yang wajar dan jangan mengira jika mengkonsumsi atau minum jus tomat dalam jumlah banyak akan membuat tubuh semakin sehat.

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Minum Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter