Obat Gusi Bengkak Alami dan Medis Paling Ampuh

Bingung, bagaimana cara mengobati gusi bengkak? Tenang, kali ini Cara-sehat.id akan membagikan informasi mengenai Obat Gusi Bengkak Alami dan Medis dengan membeli obat apotik. Namun sebelum kami mengulas lebih jauh, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab gusi bengkak itu sendiri. Dengan demikian, anda bisa mengobatinya dengan tepat.

Obat Gusi Bengkak Alami dan Medis Paling Ampuh
Gusi Bengkak
Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mencegahnya
Gusi merupakan bagian mulut yang jarang sekali mendapatkan perhatian khusus jika dibandingkan dengan bagian mulut lain seperti gigi. Padahal jika gusi yang tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan, mengalami gusi bengkak memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga dapat menyebabkan munculnya masalah mulut yang cukup berat.

Umumnya, kondisi gusi yang sehat tidak akan mengeluarkan darah ketika menggosok gigi atau jika di tekan. Gusi yang sehat berwarna merah muda, kencang dan mampu menahan gigi dengan sangat kuat, itulah ciri-ciri gusi yang sehat. Namun tahukan anda, kenapa gusi bisa bengkak dan berdarah? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Lalu, apa yang yang menyebabkan gusi bengkak?

Gusi bengkak merupakan suatu kondisi yang kerap kali ditemui dan di alami banyak orang. Gusi bengkak ini ditandai dengan terjadinya pembesaran, menonjol atau menggelembung. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, pembengkakan pada gusi bisa berukuran cukup besar bahkan hingga menutupi gigi.

Pada umumnya, gusi bengkan sering disebabkan oleh karena terjadinya penumpukan plak pada gigi. Plak yang menempel pada gigi tersebut bisa terjadi ketika makan dan juga minum. Pada plak gigi tersebut terdapat banyak sekali bakteri jahat, sebagian bakteri tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan gigi.

Selain itu, pada beberapa kasus yang pernah terjadi gusi bengkak ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti mengalami gingivitis, terkena infeksi virus ataupun jamur. Bahkan gusi bengkak juga dapat mempengaruhi kehamilan, kekurangan gizi dan juga skorbut. Skorbut merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin C.

Penyebab gusi bengkak juga dapat terjadi akibat dari pemasangan kawat gigi, gigi palsu dan bebagai perlengkapan gigi lainnya yang dilakukan dengan cara kurang tepat. Selain itu, penyebab gusi bengkak lainnya dapat terjadi akibat dari sensitivitas gusi terhadap pemakaian pasta gigi yang tidak cocok, obat kumur tertentu dan juga bisa disebabkan oleh konsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti fenobarbital, dilantin atau penggunaan jenis obat untuk menghambat saluran kalsium.

Pencegahan Gusi Bengkak
Berikut ini beberapa cara mencegah terjadinya gusi bengkak, diantaranya yaitu :
  • Rajin menggosok gigi 2 kali sehari
  • Jika mengalami mulut kering akibat pemakaian pasta gigi atau obat kumur, segera konsultasikan dengan dokter gigi.
  • Rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan minum suplemen yang mengandung vitamin C, kalsium dan juga asam folat untuk mencegah pembengkakan pada gusi.
Lalu, bagaimana cara mengobati gusi bengkak?

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cepat
Alangkah baiknya jika anda segera periksakan ke dokter gigi apabila mengalami pembengkakan pada gusi yang cukup parah dan disertai rasa nyeri yang tak tertahankan. Namun jika kondisi gusi bengkak yang anda alami belum terlalu parah dan anda malas pergi ke dokter gigi, maka ada dua cara yang dapat anda lakukan yaitu mengobati gusi bengkak dengan cara alami atau dengan mengkonsumsi obat apotik gusi bengkak.

Obat Apotik Untuk Gusi Bengkak
Berikut ini beberapa jenis obat gusi bengkak yang dapat anda temukan di apotik-apotik, diantaranya yaitu :

• Ponstan
Obat Apotik Gusi Bengkak
Pontan merupakan jenis obat gusi bengkak yang dapat anda beli di apotik, harganya pun cukup terjangkau. di dalam obat ini terdapat kandungan asam, mefenamat dengan dosis 250 mg/kapsul. Kandungan asam mefenamat ini mampu mengurangi efek pembengkakan pada gusi dan juga dapat berguna sebagai obat analgesik yang berperan sebagai anti-inflamasi.

• Cataflam
Obat Apotik Gusi Bengkak
Cataflam merupakan jenis obat gusi bengkak dan juga untuk mengobati sakit gigi. Di dalam obat ini mengandung diclofenat yang juga termasuk ke dalam kelompok jenis obat analgesik yang sangat efektif untuk untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi.

• Antalgin
Obat Apotik Gusi Bengkak
Jenis obat gusi bengkak paling ampuh yang terakhir yaitu Antalgin. Obat ini sangat terkenal karena mampu meredakan sakit gigi dan gusi bengkak dengan sangat cepat, efek dari obat ini sangat kuat dan bahkan lebih kuat dari efek asam mefenamat. Maka dari itu, untuk mendapatkan obat ini biasanya harus dengan resep dokter dan dokter akan mempadukannya dengan obat relaxant otot.

Itulah beberapa jenis obat apotik gusi bengkak yang dapat anda temukan di apotik-apotik terdekat. Pastikan anda membaca terlebih dahulu aturan pakai dan kotra indikasinya sebelum anda mengkonsumsi salah satu obat gusi bengkak tersebut.

Simak Juga : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Rambut

Selain menggunakan obat apotik, anda juga bisa mengobati gusi bengkak dengan cara alami menggunakan bahan alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah di sekitar anda.

Obat Gusi Bengkak Alami
Ada beberapa obat gusi bengkak alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak dan meringankan rasa nyeri, diantaranya yaitu :

• Gambir
Obat Gusi Bengkak Alami

Bahan alami pertama yang dapat anda gunakan yaitu gambir. Caranya cukup mudah, pertama siapkan gambir 2-3 potong dan juga kunyit ½ ruas jari. Iris semua bahan dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas saja. Setelah itu, biarkan air rebusan hangat-hangat kuku dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 3-4 kali sehari.

• Bayam Duri
Obat Gusi Bengkak Alami
Siapkan bayam duri secukupnya, lalu bakar dengan menggunakan alas genteng. Setelah itu, tumbuk hingga halus. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan bubu bayam duri pada bagian gusi yang sakit dan bengkak, lakukan secara rutin dan teratur 3 kali sehari.

• Kulit Andong
Obat Gusi Bengkak Alami

Bersihkan kulit andong dengan air, lalu kupas dan campurkan dengan garam secukupnya saja. Setelah itu aduk hingga tercampur merata. Selanjutnya, oleskan ramuan tersebut pada gusi yang bengkak secar rutin setiap hari minimal 2 kali sehari.

• Krokot
Obat Gusi Bengkak Alami

Siapkan tanaman krokot sekitar 200 gram dan juga air bersih 2 gelas, kemudian cuci kroto hingga bersih sebelum kroto di rebus. Langkah selanjutnya yaitu rebus tanaman kroto dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas, lalu angkat dan dinginkan. Setelah air rebusa cukup hangat, minum ramuan tersebut sampai habis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Simak Juga : 5 Obat Sakit Gigi Tradisional Paling Ampuh

Tidak terasa akhirnya sudah sampai pada penghujung pembahasan mengenai obat gusi bengkak alami dan medis. Dari kedua cara diatas, anda bisa memilih salah satu metode pengobatan yang akan anda lakukan. Akan tetapi, jika dalam tiga hari gusi bengkak tidak kunjungi kempis dan sembut atau bahkan bertambah parah, maka sebaiknya segera kunjungi dokter gigi terdekat.

Sekian ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan, semoga pembahas kami kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

Terima kasih dan semoga lekas sembuh ya :)

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter