9 Manfaat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

Manfaat Bawang Dayak – Kita tentu sudah familiar dengan yang namanya bawang. Tetapi, apakah kau sudah pernah dengar bawang Dayak sebelumnya? Sesuai dengan namanya bawang ini berasal dari suku Dayak di Kalimantan. Tanaman berjulukan latin Eleutherine palmifolia ini mempunyai sebutan lokal yang bermacam-macam menyerupai bawang Tiwai, bawang Sabrang, dan bawang Berlian.

Dibanding bawang biasa, bawang dayak mempunyai senyawa yang begitu lengkap sehingga masuk akal saja keuntungannya banyak. Senyawa tersebut meliputi menyerupai flavonoid, glikosida, steroid, tanin, alkaloid, fenolik, serta saponin. Kandungan flavonoid sanggup berguna sebagai antioksidan, anti-inflamasi, mengurangi penyakit kardiovaskuler, dan penangkal radikal bebas.

Dikarenakan khasiatnya yang cukup banyak, bawang dayak sering dipakai sebagai obat tradisional. Sejak dulu bawang ini sudah dipakai untuk mengobati penyakit menyerupai batuk, flu, peradangan, sakit tenggorokan, sampai kanker. Berikut ulasan mengenai manfaat bawang dayak berserta kandungan senyawanya.

 Kita tentu sudah familiar dengan yang namanya bawang 9 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Pengobatan Tradisional

Kandungan Senyawa Bawang Dayak

1. Polifenol

Polifenol merupakan senyawa kimia yang sering ditemukan dalam flora yang mempunyai kegunaan sebagai antioksidan sehingga sanggup menangkal dan menteralkan imbas jelek radikal bebas. 

2. Alkaloid

Senyawa ini dikenal keuntungannya dalam dunia kesehatan sebagai zat yang dipakai untuk menahan rasa sakit dan juga peradangan.

3. Tanin

Dalam dunia kesehatan tanin mempunyai beberapa manfaat antara lain sebagai anti-diare dan penawar racun. Senyawa ini akan mendetok racun yang masuk dalam badan kita.

4. Triterpenoid

Triterpenoid mempunyai manfaat untuk mengatasi gangguan pada menstruasi/haid, terkena patukan ular, alergi kulit, dan juga malaria.

5. Stroid

Pada dasarnya senyawa ini berguna untuk mengatasi problem pada kejantanan pria. Namun selain itu, stroid juga sering dimanfaatkan sebagai suplemen pembentukan otot agar lebih berisi.

6. Glikosida

Biasanya glikosida sering diekstrak menjadi obat pencahar bagi yang mempunyai problem pada pencernaan menyerupai sembelit. Selain itu, senyawa ini juga sanggup menjadi obat penyakit jantung.

7. Fenolik

Fenolik berguna untuk mencegah terjadinya penunaan dini, atau penuaan yang tidak pas pada waktunya. Serta, senyawa ini juga sanggup mencegah pertumbuhan sel abnormal yang biasanya menyebabkan tumor dan kanker.

8. Flavonoid

Flavonoid mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain sanggup melindungi sel dari kerusakan, sebagai obat anti-inflamasi, mencegah pengeroposan pada tulang, mencegah kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Mengobati amandel

Amandel atau tonsilitis pada umumnya disebabkan lantaran virus dan bakteri. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami pusing, demam, nyeri tenggorokan, sakit telinga, sampai batuk yang tak kunjung sembuh.

Jika dibiarkan, amandel akan semakin membesar sehingga menyebabkan penderita sulit menelan makanan. Nah untuk mengobatinya, kau sanggup mengonsumsi bawang dayak yang mengandung flavonoid ini.

2. Menyembuhkan sakit perut

Penyebab sakit perut cukup beragam. Ada yang disebabkan lantaran diare, salah makan, masuk angin, sampai tukak lambung. Terkadang meski sepele, sakit perut sanggup menjadi salah satu membuktikan adanya penyakit tertentu menyerupai watu ginjal.

Untuk menyembuhkan sakit perut menyerupai nyeri dan perih, kau sanggup mengonsumsi bawang dayak ini. Didalamnya terkandung alkaloid yang berguna untuk menahan rasa sakit yang disebabkan lantaran peradangan.

3. Mengobati flu dan batuk

Suku Dayak dari dulu sampai kini masih sering memanfaatkan bawang jenis ini sebagai sarana pengobatan. Salah satu penyakit yang sanggup disembuhkan adalah flu dan batuk. Hal ini sanggup terjadi lantaran dalam bawang dayak terkandung senyawa antibakterial yang bertugas melawan virus influenza penyebab pilek.

4. Mencegah dan mengobati hepatitis

Khasiat bawang dayak tidak main-main. Selain sanggup mengatasi penyakit ringan, ternyata bawang ini juga ampuh untuk mencegah hepatitis, yaitu jerawat serius di hati yang disebabkan oleh virus. Bahkan para andal menyarankan biar penderita penyakit kuning juga mengonsumsi bumbu dapur ini biar cepat sembuh.

5. Meningkatkan daya tahan badan yang lemah

Daya tahan badan setiap orang berbeda-beda. Ada yang besar lengan berkuasa serta ada pula yang lemah sehingga sangat gampang terjangkit penyakit. Nah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsi bawang dayak sangat disarankan. Kandungan vitamin C mempunyai kegunaan meningkatkan sistem imunitas badan terhadap virus.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor

Kanker dan tumor masih menjadi penyakit angker bagi umat manusia. Karena sampai ketika ini, peluang sembuh dari kedua penyakit tersebut sangatlah kecil. Kebanyakan penderitanya berujung pada kematian.

Sebelum semuanya terlambat, kita masih sanggup menghambat atau bahkan mencegah pertumbuhan sel abnormal tersebut dengan konsumsi bawang dayak. Menurut penelitian, bawang ini mempunyai senyawa naphtoquinones yang disebut-sebut sebagai satu diantara beberapa materi alami pelawan kanker.

7. Membersihkan badan dari bakteri

Bawang dayak mempunyai kandungan antibakterial tinggi yang tentunya efektif untuk membunuh basil penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi bawang ini, maka kau akan terbebas dari segala basil yang mengancam kesehatan. Baik itu basil yang berpotensi menyebabkan penyakit ataupun merusak imun tubuh.

8. Mencegah terjadinya suatu infeksi

Bawang dayak sanggup menjadi antiseptik alami untuk membersihkan luka baru. Didalamnya terkandung bermacam-macam senyawa yang mempunyai kegunaan untuk membunuh basil dan virus penyebab peradangan pada luka baru. Akan tetapi, pastikan dulu kau tidak menderita gangguan kulit lainnya ketika menggunakan bawang ini.

9. Mengobati asam urat

Asam urat biasanya banyak menyerang kaum lansia. Tapi meski demikian, tidak menutup kemungkinan anak muda pun juga sanggup terkena dampaknya. Sebelum semuanya terlambat konsumsilah bawang dayak secara rutin untuk mencegah asam urat. Kadar purin dalam badan sanggup dinetralkan ketika bertemu dengan tanin dan senyawa aktif lainnya dari bawang dayak.

Untuk mendapat semua manfaat bawang dayak diatas, kita sanggup memasukan materi alami ini kedalam setiap sajian masakan. Atau, kau juga sanggup membuatnya dalam bentuk jus segar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


baca juga: manfaat gula aren

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter