Jangan Takut Capek, Ada Banyak Manfaat Jalan Kaki

cantikitu.com – Siapa bilang jalan kaki hanya menciptakan capek? Ternyata ada berbagai manfaat jalan kaki yang sanggup kita dapatkan. Tak hanya khasiat jasmani saja, tapi juga rohani sanggup didapat. Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, mengemukakan ada manfaat luar biasa dari jalan kaki di pagi hari. Dimana salah satunya acara ini sanggup mengubah hidup kamu.

Beberapa fakta jalan kaki antara lain yaitu: berjalan kaki selama 20 menit setiap hari sanggup memperabukan lemak sebanyak 7 pound atau 3,5 kg lemak per tahun. Jalan kaki lebih usang setiap hari minimal 40 menit sangat baik untuk menurunkan berat badan. Sedangkan jalan kaki cepat 20-25 menit sehari merupakan acara terbaik untuk jantung dan paru-paru.


Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sebagai awalan sebaiknya kau berjalan kaki 10-15 menit semoga tubuh tidak kaget, gres sehabis itu naikan durasinya hingga 30 menit setiap hari. Apabila jalan kaki secara rutin serta menjalani gaya hidup sehat, maka kemungkinan kau akan mendapat beberapa manfaat berikut ini.

1. Menyehatkan jantung dan cegah stroke

Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit sanggup menurunkan risiko seseorang mengalami problem jantung hingga 40 persen. Hal ini terjadi sebab jalan kaki sanggup meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga sanggup menurunkan kolesterol serta gula darah dalam tubuh. Akan tetapi jikalau kau mempunyai problem pada jantung, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa usang dan berat berjalan kaki.

2. Menurunkan berat badan

Kabar baik untuk kau para penyandang obesitas. Cukup dengan jalan cepat selama 30 menit sanggup memperabukan sebanyak 150 kalori per harinya. Semakin cepat langkahmu, tentu akan semakin banyak kalori yang terbakar. Namun tidak cukup hanya dengan berjalan kaki ya, kau pun juga harus menjaga teladan makan sehat.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Selain sanggup mencegah penyakit jantung, jalan kaki selama 30 menit sehari juga sanggup mencegah diabetes tipe 2. Ketika berjalan kaki otot akan semakin kencang sehingga absorpsi glukosa (gula) berjalan lebih maksimal. Hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, berarti kau sudah mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Kurang olahraga sanggup menciptakan tubuh gampang terjangkit penyakit. Cobalah untuk menyempatkan diri melaksanakan olahraga jalan kaki setidaknya 30 menit sehari. Dengan demikian sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat guna melawan abses penyakit.

Selain itu, berjalan kaki juga sanggup menciptakan tidur kita lebih nyenyak dan secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang akan membuatmu merasa lebih baik. Sangat cocok untuk kau penderita insomnia (susah tidur).

5. Mengurangi stres

Mungkin belum terfikirkan sebelumnya kalau ternyata jalan kaki sanggup membantu mencegah stres dan bahkan mengatasinya. Yup, berjalan kaki selama 30 menit sehari sanggup mengurangi stres dan mencegahnya.

Hal ini terjadi sebab jalan kaki sanggup meningkatkan hormon endorfin yang akan menciptakan moodmu menjadi lebih baik dan mengurangi rasa cemas/depresi. Untuk mendapatkannya lakukan jalan kaki setiap pagi hari.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis terjadi sebab adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, serta rentan patah sebab rapuh. Dengan jalan kaki secara rutin, kau sanggup membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

Lakukan jalan kaki selama 30 menit di pagi hari. Karena pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari. Terutama kau yang sudah berusia diatas 25 tahun, sebaiknya lakukan rutin untuk cegah keropos tulang di usia 40 keatas nanti.

Selain enam manfaat diatas, bekerjsama masih ada banyak lagi manfaat jalan kaki yang sanggup kita dapatkan ibarat cegah asma, radang sendi, dan risiko kanker. Jadi, manfaatkan olahraga yang murah meriah satu ini. Luangkan sedikit waktumu untuk berjalan kaki setidaknya 15-30 menit.

Itulah pembahasan mengenai manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang sanggup kami sajikan. Jika ada yang belum terperinci silahkan sampaikan di kolom komentar bawah. 

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter