50 Manfaat Daun Binahong Dan Pengaruh Sampingnya Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Binahong – Alami memang selalu dicari, lantaran selain kondusif juga lebih murah dibandingkan dengan obat dokter. Sejak dulu sesungguhnya nenek moyang kita sudah sering memakai flora herbal dalam hal pengobatan. Salah satunya yaitu flora binahong yang sering dipakai menjadi obat tradisional. Konon, daun binahong ini bisa mengobati segala penyakit termasuk kanker.

Khasiat binahong yang luar biasa tak bisa terlepas dari kandungan zat aktif di dalamnya. Oleh lantaran itu, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat daun binahong, sebaiknya kita kenali dulu apa saja sih kandungan dalam daun yang sangat fenomenal ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan Daun Binahong

Saponin

Kandungan saponin dalam daun binahong tidak mengecewakan tinggi. Senyawa inilah yang juga menyebabkannya mempunyai rasa pahit. Saponin mempunyai banyak manfaat, termasuk menurunkan kolesterol hingga menjaga kesehatan jantung kita. 

Alkaloid

Senyawa alkaloid dalam daun binahong berguna untuk menurunkan kadar gula darah tinggi penyebab diabetes. Hal ini sanggup terjadi lantaran alkaloid bersifat hipoglikemik yang artinya sanggup mengurangi gula darah ke angka normal.

Minyak atsiri

Minyak ini bersifat antiseptik, sehingga sanggup kita gunakan untuk mensterilkan luka baru, atau membunuh basil merugikan dalam tubuh. Kandungan minyak atsiri dalam flora binahong juga tidak mengecewakan tinggi. Inilah yang juga membuatnya sering diekstrak kedalam obat oles.

Antioksidan alami

Antioksidan termasuk senyawa aktif yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Dengan mengonsumsi daun binahong secara rutin maka sanggup menurunkan zat kersinogenik penyebab kanker dalam tubuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah diabetes atau penyakit gula

Meskipun bukan salah satu penyakit ganas, tapi tetap saja diabetes sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang sanggup menyembuhkan diabetes secara tuntas. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal sehingga tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Sifat inilah yang sanggup membantu menurunkan kadar gula darah berlebihan. Selain menurunkan, kandungan alkaloid tersebut juga sanggup mengontrol gula darah tetap stabil pada penderita diabetes melitus.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat binahong dengan kandungan alkali tidak hanya hingga disitu saja. Ia pun juga berguna untuk mengontrol kolesterol berlebih dalam tubuh. Seperti kita tau bersama, kolesterol tinggi sanggup memicu komplikasi serius ibarat serangan jantung, obesitas, hingga hipertensi. Oleh lantaran itu, sebaiknya kontrol kolesterol anda dengan mengonsumsi ramuan herbal binahong ini.

3. Sesak nafas

Bernafas merupakan hal penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tetapi apa kesannya kalau kita mengalami gangguan dalam bernafas atau sesak nafas? Pastinya akan sangat berbahaya. Maka dari itu, merawat sistem pernafasan sangat penting untuk dilakukan.

Menurut penelitian, daun binahong bisa membersihkan akses pernafasan terutama paru-paru dari lendir yang menjadi penyebab sesak nafas. Selain membersihkan, kandungan antibakterialnya juga efektif membunuh basil penyebab infeksi akses pernafasan akut (ISPA).

4. Mengatasi anemia

Tanaman binahong juga bisa anda jadikan sebagai salah satu obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan lantaran badan kita kekurangan zat besi sehingga menciptakan sel darah merah sulit diproduksi.

Nah, dalam binahong terkandung zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Maka dari itu, bagi anda yang mempunyai riwayat darah rendah, binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

5. Mengobati batuk

Merebus daun binahong kemudian mengonsumsinya bisa menjadi salah satu obat batuk tradisional. Dalam daun herbal ini mempunyai senyawa antibakterial yang sanggup membunuh kuman atau basil penyebab batuk. Baik itu batuk berhadak ataupun batuk kering bisa diatasi dengan mengonsumsi rebusan daun binahong.

6. Membersihkan paru dari kotoran dan racun

Bagi anda yang ingin mempunyai paru-paru yang bersih, konsumsi rebusan daun binahong bisa menjadi salah satu solusinya. Senyawa dalam binahong sanggup membantu detoksifikasi kotoran serta racun dari dalam paru. Akan tetapi, manfaat binahong untuk paru ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

7. Memulihkan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung cathecin, yaitu homogen antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung saja, tapi juga sanggup membantu mengurangi imbas peradangan otot sehabis berlatih.

Sehingga daun binahong sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sering menjalani kegiatan berat. Misalnya sering lembur, olahrawagan, atau para pekerja keras. Hanya dengan mengonsumsinya satu gelas, maka stamina anda akan kembali lagi.

8. Mempercepat proses penyembuhan luka


Tumbuk daun binahong yang masih segar. Kemudian tempelkan ke kepingan luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga berguna untuk meredakan memar kemerahan atau bahkan bengkak.

9. Mengobati maag

Apakah anda salah satu penderita sakit maag? Penyakit ini disebabkan lantaran kadar HCL atau asam dalam lambung berlebihan. Nah, untuk mengatasinya anda memerlukan senyawa yang bersifat basa. Salah satunya bisa anda dapatkan dari daun binahong.

Kandungan saponin dalam daun binahong bersifat layaknya ibarat sabun (basa). Senyawa ini bisa anda temukan pada lendir flora binahong, terutama di kepingan daunnya. Cukup dengan mengonsumsi air rebusannya secara rutin maka maag yang anda alami tidak akan kambuh lagi.

10. Mengatasi lemah syahwat

Tidak usah membeli obat berpengaruh supaya tahan lama. Mulai kini anda bisa mengalami lemah syahwat dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong. Kandungan mineral alami yang lengkap dalam daun ini berguna melancarkan peredaran darah tubuh, sehingga akan menciptakan mr P anda berpengaruh tahan lama. Bagi anda yang sudah berumah tangga, silahkan buktikan sendiri khasiatnya.

11. Melancarkan tiba bulan

Sedangkan untuk wanita, daun binahong berguna untuk melancarkan tiba bulan. Bagi anda yang mengalami persoalan seputar menstruasi ibarat telat, nyeri, ataupun keputihan segeralah mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin. Kandungan zat besi dan mineral lainnya berguna dalam melancarkan tiba bulan yang akan anda hadapi nantinya.

12. Menghilangkan komedo, jerawat, dan bekasnya



Manfaat daun binahong tidak hanya pada kesehatan badan saja, tapi juga kecantikan wajah. Bagi anda yang mengalami persoalan seputar wajah ibarat jerawat, komedo, ataupun flek hitam segeralah memakai daun ini sebagai masker wajah.

Selain mengobati jerawat, kandungan kolagennya yang cukup tinggi juga sanggup membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Caranya sangat mudah, haluskan daun binahong yang masih muda. Kemudian oleskan keseluruh kepingan wajah sehabis mandi selama 30 menit.

13. Mengatasi anak susah makan

Anak susah makan sanggup disebabkan lantaran aneka macam faktor. Misalnya saja mungkin ia sedang mengalami sariawan, tidak suka makanannya, atau justru mengalami persoalan sistem pencernaan. Dalam mengatasinya orang bau tanah perlu kesabaran yang ekstra.

Salah satu cara yang bisa anda tempuh yaitu dengan memperlihatkan ramuan air rebusan daun binahong. Tapi usahakan hanya untuk bayi 7 tahun keatas. Sebaiknya jangan berikan ramuan pada balita ke bawah lantaran belum ada penelitian lebih lanjut apakah kondusif atau tidak.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan lainnya:



14. Mengobati mimisan yang disebabkan lantaran benturan
15. Mengurangi nyeri akhir wasir, ambien, dan sejenisnya
16. Mempercepat proses pemulihan pasca operasi dan melahirkan
17. Menjaga kehangatan badan disaat cuaca dingin
18. Mencegah kanker mematikan dengan kandungan antioksidannya
19. Mengobati bengkak, memar, dan luka dalam lainnya
20. Mengobati radang tenggorokan 
21. Menjaga kulit supaya selalu infinit muda
22. Mencegah tulang keropos ketika hari bau tanah nanti
23. Mengobati gatal-gatal pada kulit lantaran hewan atau iritasi
24. Mengobati radang usus dan menjaga sistem pencernaan.


"Selebihnya akan kami update dilain kesempatan"

Cara Membuat Ramuan Herbal Daun Binahong yang Benar


Bahan:
  • Daun binahong yang masih muda sebanyak 20 lembar
  • Air matang sebanyak 8 gelas
Caranya:
  1. Bersihkan semua daun yang sudah disiapkan tadi. Kemudian remas-remas hingga menghasilkan air yang ibarat lendir.
  2. Masukan hasil remasan tadi kedalam sebuah panci yang sudah berisi 8 gelas air. Selanjutnya rebus hingga menghasilkan sisa air 3 gelas. Saring dan pisahkan antara air dan rebusannya.
  3. Konsumsilah maksimal 1 gelas setiap harinya untuk orang dewasa, sedangkan belum dewasa (diatas 7 tahun) bisa dikurangi. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi ramuan ini terlebih dulu.
Note: untuk penyakit luar ibarat jerawat, bisul, wasir, gatal, dsb. Silahkan haluskan daun binahong kemudian oleskan ke kepingan yang bermasalah.


Efek Samping Konsumsi Daun Binahong

Sebetulnya tidak ada imbas samping yang berbahaya apabila daun binahong dikonsumsi dengan benar. Usahakan tidak mengonsumsi ramuan ini bersama dengan minuman berkafein ibarat teh dan kopi. Sebab hal tersebut akan menimbulkan pusing, mual, dan bahkan pingsan.

Itulah sajian informasi seputar manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami sajikan. Jika ada yang belum terperinci mengenai ulasan diatas pribadi saja sampaikan di kolom komentar bawah ya. Salam.


Baca juga: manfaat daun kelor

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter