9 Cara Mengobati Sakit Mata Merah Sebab Iritasi Dengan Cepat Secara Alami


Cara Mengobati Mata Merah – Cantik serta tampan bukan hanya soal mengenakan pakaian yang pas di tubuh atau kelihaian kita dalam memoles make up di muka saja. Ada hal lain yang harus dijaga demi penampilan yang sempurna. Salah satunya adalah kesejukan dan kesehatan mata kita. Bagaimana pun, orang lain pertama kali yang mereka lihat adalah mata, sehingga bila belahan ini bermasalah maka sanggup dipastikan orang disekitarmu merasa kurang nyaman.

Mata menjadi salah satu indera yang paling sensitif dibandingkan dengan yang lainnya. Bola mata rentan sekali terkena yang namanya iritasi, alergi, dan bahkan infeksi akhir bakteri. Beberapa tanda mata terkena iritasi menyerupai mata merah, mata berair, dan bahkan mata mengeluarkan nanah. Apabila duduk masalah menyerupai ini Anda biarkan begitu saja, maka akan meningkatkan risiko buta permanen. Nah untuk mengatasinya berikut beberapa cara mengobati mata merah secara alami. Baca hingga habis ya.

Cara Mengobati Mata Merah Karena Iritasi dengan Cepat Secara Alami

1. Kunyit


Tentu kita sudah dekat dengan rempah khas Indonesia satu ini. Yup, kunyit seringkali dipakai untuk memasak. Selain keuntungannya untuk masakan, rempah ini ternyata mangandung antibakterial yang sanggup meredakan iritasi mata ringan. Misalnya saat mata Anda kemasukan debu, binatang kecil, atau sejenisnya. Bagaimana cara menggunakannya? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan kunyit:
  • Sediakan kunyit seperlunya dan satu gelas air bersih
  • Kupas dan parut kunyit tadi. Selanjutnya ambil air perasannya
  • Campurkan air perasan kunyit dengan satu gelas air bersih
  • Gunakan kapas atau waslap dengan cara mencelupkan ke adonan tadi
  • Sekarang tempelkan ke belahan mata yang mengalami iritasi.

2. Mentimun



Terkadang mata merah sanggup muncul disebabkan lantaran kita terlalu usang memandangi gadget atau komputer. Nah bila mata merah Anda disebabkan lantaran hal tersebut, mentimun sanggup menjadi solusinya.

Mentimun dipercaya sebagai home remedy untuk mata lelah dan bahkan berkantung. Kandungan airnya yang tinggi sanggup membantu mendinginkan mata sekaligus membuatnya semakin segar. Jadi, sekali pakai dua manfaat sekaligus.

Cara alami mengobati mata merah dengan timun:
  • Masukkan mentimun segar kedalam kulkas
  • Potong tipis dengan bentuk yang bulat
  • Kompres mata dengan irisan mentimun tadi hingga bermetamorfosis hangat

3. Susu


Pernahkah Anda melaksanakan perawatan kulit dengan susu? Selain sanggup menciptakan kulit lebih cerah, ternyata susu juga sanggup membantu menyembuhkan mata merah, menghilangkan kantung mata, dan mencerahkan area mata.

Hal ini lantaran susu mempunyai kandungan mineral menyerupai folat, moisturizer, kalium, vitamin, dan sejenisnya yang baik untuk kesehatan. Tapi ingat, sebaiknya gunakan susu murni tawar biar tidak menimbulkan imbas samping.

Cara mengobati mata merah dengan susu:
  • Sediakan susu tawar dan kapas atau cotton balls seperlunya
  • Masukkan susu kedalam kulkas biar masbodoh selama 1-2 jam
  • Selanjutnya masukkan kapas kedalam susu yang sudah didinginkan tadi selama 10-15 menit supaya terserap
  • Sekarang tempelkan bola-bola kapas tadi ke mata lelahmu hingga kering. Bila perlu lakukan lagi hingga mata membaik.

4. Bawang putih



Bawang putih mempunyai kandungan menyerupai qelenium, quercetin, dan vitamin C yang baik untuk menyembuhkan infeksi mata dan meredakan pembengkakan. Selain itu, kandungan lycopene dengan sifat antioksidannya cukup efektif untuk melindungi lensa mata dari ancaman radikal bebas yang merugikan.

Akan tetapi sebaiknya lebih berhati-hati dalam memakai materi ini. Sebab bila bawang putih hingga terkena bola mata maka akan menimbulkan perih. Untuk mengobati mata merah kita hanya cukup memakai aromanya saja.

Cara mengobati sakit mata dengan bawang putih:
  • Iris bawang putih dengn bentuk yang tipis
  • Selanjutnya oleskan ke area sekitar kelopak mata dengan hati-hati
  • Aroma pedih dari bawang akan memicu keluarnya air mata. Nah air mata inilah yang mengandung senyawa antibakterial untuk atasi iritasi.

5. Daun sirih


Daun sirih sudah dikenal semenjak jaman dulu sebagai salah satu herbal tradisional. Jika sebelumnya kita telah membagikan obat asam urat daun sirih, kali ini Anda juga sanggup menggunakannya untuk menyembuhkan sakit mata merah.

Dalam daun ini terkandung senyawa anti-inflamasi yang sanggup mengurangi imbas peradangan di mata. Selain mengobati mata merah, ramuan daun sirih juga sanggup meningkatkan ketajaman mata. Langsung saja simak berikut ini.

Cara mengobati mata merah dengan daun sirih:
  • Rebus daun sirih segar seperlunya dengan satu gelas air hingga mendidih
  • Tunggu rebusan menjadi setengahnya, kemudian saring dan pisahkan dari daunnya
  • Gunakan ramuan tadi untuk membersihkan area mata. Atau, Anda juga sanggup menggunakannya sebagai obat tetes mata.

6. Kentang



Pernahkah Anda mendengar masker mata dari kentang? Masker ini biasaya dipakai untuk menghilangkan kantung mata. Tetapi bekerjsama kita pun sanggup mengobati mata merah dengan memakai ramuan ini. Kombinasikan kentang dengan susu untuk mendapat hasil terbaik.

Cara mengobati mata iritasi dengan kentang:
  • Masukkan kentang yang sudah dikupas higienis kedalam kulkas
  • Parut kentang tersebut kemudian campurkan dengan susu. Buatlah adonan yang menyerupai dengan pasta
  • Selanjutnya masukan adonan tadi kedalam kain lembut
  • Berbaringlah dan gunakan kain tadi untuk mengompres area mata yang bermasalah.

7. Lidah buaya



Lidah buaya mungkin lebih dikenal sebagai salah satu materi perawatan rambut alami. Tapi jangan salah, sesudah diteliti ternyata pengecap buaya mengandung senyawa antibakterial dan anti-inflamasi yang sanggup menyembuhkan mata merah. Lidah buaya cukup efektif untuk meredakan mata merah lantaran iritasi ringan. Sedangkan bila sudah cukup parah sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Cara mengobati mata merah dengan pengecap buaya:
  • Siapkan pengecap buaya yang gres saja dipetik. Masukkan kedalam kulkas sebentar biar dingin
  • Belah menjadi dua bagian, selanjutnya gunakan tisu untuk mengoleskan gelnya ke area kelopak matamu
  • Anda juga sanggup menempelkan potongan pengecap buaya ke mata secara eksklusif untuk membuatnya menjadi segar kembali.

8. Kurangi lihat layar gadget yuk


Mata merah akan semakin parah saat mendapat radiasi dari layar gadget, apalagi di jaman modern menyerupai kini ini yang biasanya kebanyakan orang menatap gadgetnya lebih dari 12 jam. Oleh lantaran itu, istirahatkan mata Anda sejenak dengan tidak melihat gadget atau komputer terlebih dahulu.

Sebagai gantinya, Anda sanggup pergi ke luar untuk mencari pemandangan yang indah. Konon, pemandangan yang indah menyerupai pepohonan yang hijau akan menciptakan mata kita lebih segar. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

9. Periksakan diri ke dokter


Tidak sanggup dipungkiri memang, meski obat mata merah alami diatas ampuh tapi tetap saja bila duduk masalah Anda ini semakin parah harus segera dibawa ke dokter. Terutama apabila mata merah bertahan 3 hari serta menimbulkan munculnya air mata berlebihan, kotoran, dan penglihatan yang kabur. Biasanya dokter akan melaksanakan investigasi dan memperlihatkan resep obat terbaik untuk Anda.

Bagaimana, praktis kan? Seperti itulah cara mengobati mata merah secara alami dengan cepat yang sanggup kami sajikan. Apabila ada yang belum terperinci silahkan sampaikan di kolom komentar. Selanjutnya kami akan membahas mengenai obat mata merah untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter