17 Obat Rematik Alami Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Obat Rematik – Banyak yang menganggap jikalau rematik dan asam urat itu merupakan penyakit yang sama. Padahal dalam dunia medis mereka berdua sangatlah berbeda. Rematik yaitu penyakit kelainan autoimun yang mengakibatkan sistem kekebalan justru menyerang tubuh. Akibatnya, sendi yang terjangkit akan mengalami peradangan dengan tanda-tanda rematik menyerupai berikut.
  • Sendi menjadi membengkak lantaran cairan yang menumpuk.
  • Terasa kaku, apalagi ketika pagi hari sesudah berdiri tidur.
  • Memerah dan terasa cukup panas.
  • Terasa nyeri di semua pecahan sendi tubuh. 

 Banyak yang menganggap jikalau rematik dan asam urat itu merupakan penyakit yang sama 17 Obat Rematik Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Sendi


Lantas apa perbedaan asam urat dan rematik? Nah mungkin pada awalnya akan sulit membedakan mana tanda-tanda rematik dan mana tanda-tanda asam urat. Namun yang paling terlihat jelas, ialah asam urat hanya menyerang pecahan sendi tertentu saja, sedangkan rematik menyerang hampir diseluruh pecahan badan secara bersamaan.

Sementara itu dilihat dari segi penyebabnya, asam urat disebabkan lantaran meningkatnya kristal asam urat dalam badan dikarenakan kuliner berpurin yang terlalu banyak kita konsumsi. Sedangkan penyebab rematik hingga kini belum diketahui secara pasti. Tapi yang jelas, rematik mengakibatkan sistem imun justru menyerang sel badan yang sehat sehingga mengakibatkan radang sendi.

Obat Tradisional Rematik dari Bahan Alami Terbaik untuk Atasi Nyeri

Hingga kini bahwasanya belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan rematik secara total. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengurangi tanda-tanda yang muncul menyerupai menyembuhkan nyeri, mencegah kerusakan sendi, dan meningkatkan fungsi gerak sendi. Berikut beberapa obat rematik alami yang bisa Anda pilih salah satunya.

1. Jahe

 Banyak yang menganggap jikalau rematik dan asam urat itu merupakan penyakit yang sama 17 Obat Rematik Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Mahasiswa Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Esti Rahayu, mengolah jahe untuk dijadikan balsem yang berguna untuk menghilangkan nyeri dan rematik pada tubuh.

Menurutnya, balsem jahe mempunyai banyak keunggulan dibanding balsem lain. Jahe mempunyai antinyeri dan antiradang yang sanggup mengobati rematik. Selain itu, jahe juga mempunyai aromaterapi yang khas sehingga tidak mengakibatkan mual.

Esti juga menyampaikan jikalau proses pembuatan balsem rematik ini sangatlah sederhana sekali. Nah bagi Anda yang ingin tau berikut tutorial selengkapnya.

Cara mengobati rematik dengan balsem jahe alami:
  • Sediakan jahe yang masih segar seperlunya. Kupas dan basuh hingga bersih.
  • Parut jahe yang sudah disiapkan tadi, kemudian peras dalam sebuah wadah.
  • Diamkan selama kurang lebih semalaman.
  • Setelah itu oleskan ke pecahan sendi yang bermasalah secara merata.

2. Lidah buaya

Lidah buaya identik dengan materi alami yang sering dipakai untuk perawatan rambut dan menghilangkan bekas luka. Padahal, dalam lendir pengecap buaya ini terkandung anti-inflamasi tinggi yang sanggup mengurangi radang sendi akhir rematik. Anda pun bisa menggunakan pengecap buaya sebagai obat rematik secara rutin, lantaran memang materi alami ini tidak mengakibatkan imbas samping sama sekali.

Cara mengobati rematik dengan pengecap buaya:
  • Ada dua cara menggunakan pengecap buaya. Pertama, Anda bisa mengoleskan gel pengecap buaya secara eksklusif ke sendi yang bermasalah.
  • Yang kedua Anda bisa membuatnya menjadi jus segar. Caranya, pisahkan gel pengecap buaya kemudian blender hingga halus. Tambahkan gula seperlunya dan minum sebelum tidur.
  • Sebaiknya terapkan keduanya untuk memperoleh hasil terbaik.

3. Bawang putih

Napas anyir mungkin menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang tidak suka mengonsumsi bawang mentah. Padahal salah satu bumbu dapur terkenal ini mempunyai banyak khasiat, salah satunya mengobati rematik pada perempuan.

Baru-baru ini penelitian dilakukan dari King College dan University of East Angelia di Inggris yang dibiayai dengan Arthritis Research Britain, penelitian tersebut melibatkan sekitar 1000 wanita yang belum terkena rematik.

Pemeriksaan menggunakan sinar X membuktikan, wanita yang sering mengonsumsi bawang putih mempunyai struktur tulang yang lebih baik. Pemilik struktur tulang yang sehat sanggup menurunkan risiko munculnya tanda-tanda rematik.

Ternyata bawang putih mempunyai kandungan antiradang yang cukup baik dalam menghambat produksi sitokinin, yakni suatu zat yang berperan dalam memicu peradangan sendi. Oleh lantaran itu, jangan lewatkan satu siung bawang setiap hari.

4. Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit, yakni kurkumin, telah terbukti efektif dalam mengurangi pembengkakan dan nyeri pada rematik. Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan di AAPS Journal menemukan bahwa produk yang terdapat dalam kunyit, yang disebut BCM-95, lebih ampuh dalam mengurangi rasa sakit akhir peradangan dibandingkan dengan obat antiradang di apotik yang sering dipakai untuk mengatasi rasa nyeri. Berikut cara meramunya.

Cara mengobati rematik dengan kunyit alami:
  • Kupas dan basuh higienis kunyit secukupnya.
  • Haluskan kunyit tersebut dengan memblender atau menumbuknya.
  • Keringkan dengan dukungan sinar matahari.
  • Ambil bubuk kunyit sebanyak satu sendok teh kemudian campur bersama teh hangat.
  • Minumlah teh tersebut secara rutin sebelum tidur untuk mencegah kaku sendi ketika berdiri pagi hari.
Note: untuk hasil terbaik Anda juga bisa menambahkan bubuk jahe kedalam teh.

5. Minyak ikan

Komponen utama yang sangat diharapkan oleh badan yaitu omega 3 yang termasuk dalam salah satu lemak sehat. Kim Larson, RD, jago gizi di Amerika Serikat kandungan omega 3 paling banyak ditemukan dalam ikan tuna dan mackarel. Omega 3 sanggup mengurangi tanda-tanda rematik menyerupai nyeri sendi dan mencegah peradangan kronis yang disebabkan oleh kondisi tubuh.

Akan tetapi dikala ini beberapa ikan mengandung merkuri yang cukup tinggi, sehingga bukannya menyembuhkan justru memperburuk keadaan. Sebaiknya konsumsi minyak ikan yang sudah dalam bentuk kemasan. Karena biasanya sudah teruji secara klinis akan kandungan di dalamnya. Selain itu, hindarilah mengonsumsi ikan yang setengah matang menyerupai pada sushi.

6. Kayu cantik

Kayu cantik selama ini mungkin hanya dipakai dalam masakan. Padahal, kayu cantik juga sanggup melawan segala jenis peradangan. Biasanya kulit kayu cantik dimasukan dalam kuliner atau diseduh biar menjadi teh herbal. Apabila dikonsumsi secara rutin materi ini berguna untuk mengobati rasa sakit dan nyeri terutama ketika demam isu masbodoh tiba.

Roofener, peneliti analisis fitkomia pada kayu manis, menyampaikan bahwa kayu cantik sanggup mengurangi tanda-tanda rematik menyerupai peradangan bila dipakai dalam takaran yang sesuai. Namun juga wajib berhati-hati, lantaran penggunaan hiperbola sanggup memicu penggumpalan darah dan mengganggu kerja pengencer darah.

7. Lada hitam

Sebenarnya lada hitam sudah dipakai semenjak dulu kala sebagai obat rematik tradisional oleh nenek moyang. Menurut data yang diterbitkan oleh Arthritis Foundation, lada hitam mempunyai kandungan capcaisin yang menyerupai pada cabai. Kandungan ini bersifat panas serta mengandung antiradang sehingga sanggup mengurangi tanda-tanda rematik menyerupai nyeri dan kesemutan.

Untuk mengobati rematik dengan lada hitam caranya sangatlah mudah. Anda bisa menaburkan lada hitam bubuk kedalam setiap kuliner kesukaan atau kuliner favorit Anda. Namun perlu diingat, pastikan tidak mengonsumsi lada hitam melebihi 1 gram/hari. Konsumsi hiperbola justru sanggup mengakibatkan dilema gres menyerupai diare, iritasi mata, hingga bengkak.

8. Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan katekin, yaitu sebuah senyawa penting dalam melawan rematik. Studi terbaru memantau orang-orang penderita rematik yang mengonsumsi teh hijau selama kurang lebih enam bulan. Para penerima tersebut juga melaksanakan latihan fisik menyerupai berlari diatas treadmill selama 60 menit, tiga kali sehari.

Studi tersebut bisa menandakan jikalau olahraga dan konsumsi teh hijau sanggup mengurangi tanda-tanda rematik. Namun perlu dicatat, konsumsi teh hijau sanggup mengurangi reaksi obat-obatan tertentu. Oleh lantaran itu, sebaiknya jangan konsumsi teh hijau bersama dengan obat rematik alami lainnya.

9. Kapur sirih dan mustard oil

Berbicara mengenai obat rematik tradisional, tak akan lengkap rasanya apabila tidak memasukan kapur sirih dan mustard oil. Kedua materi alami ini sudah dikenal semenjak dulu sebagai obat oles untuk mengobati rematik, nyeri sendi, dan bahkan kaku. Selain rematik, ramuan ini juga efektif untuk melancarkan peredaran darah kita. Berikut tutorial meramu selengkapnya.

Cara mengobati rematik dengan kapur sirih dan mustard oil:
  • Sediakan minyak mustard secangkir dan kapur sirih 10 gram.
  • Didihkan kapur sirih dengan minyak alami tersebut hingga tercampur rata.
  • Diamkan sejenak biar sedikit lebih dingin. Lalu oleskan keseluruh pecahan persendian Anda yang dikala ini sedang bermasalah.
  • Baca selengkapnya manfaat daun sirih.

10. Brotowali


 Banyak yang menganggap jikalau rematik dan asam urat itu merupakan penyakit yang sama 17 Obat Rematik Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Meskipun mempunyai rasa yang tidak mengecewakan pahit. Namun brotowali mempunyai khasiat yang luar biasa dalam mengatasi peradangan tulang dan sendi. Selain itu, ia juga diperkaya dengan kandungan antiporotik yang sanggup meningkatkan kepadatan tulang serta kandungan imunologi yang sanggup memperabiki sistem kekebalan.

Cara mengatasi rematik dengan brotowali alami:
  • Cuci higienis dua ruas brotowali kemudian masukan dalam panci.
  • Rebus brotowali tadi dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja.
  • Saring air rebusan tadi. Untuk mengurangi rasa pahit Anda bisa menambahkan madu atau gula.
  • Minumlah secara rutin sehari sebanyak 2x dengan takaran 1/2 gelas per minum.

11. Buah cherries

Studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis & Rheumatism meneliti sebanyak 633 partisipan yang dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 20 ceri dalam dua hari. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi ceri mempunyai risiko terkena tanda-tanda radang sendi yang lebih rendah.

Manfaat ceri tidak hanya hingga disitu saja. Buah ini pun juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang sanggup membantu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Jadi, hanya konsumsi buah ceri saja Anda sanggup dua manfaat sekaligus.

12. Daun seledri

Satu lagi salah satu materi kuliner yang bisa dipakai sebagai obat rematik alami. Yup, daun seledri. Daun ini mengandung anti-inflamasi tinggi yang sanggup mengobati rematik yang disebabkan lantaran peradangan sendi. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan. Makanlah daun seledri dalam keadaan mentah biar khasiatnya semakin terasa.

13. Daun pandan wangi

Dikutip dari jogja.tribunnews.com, daun pandan wangi ternyata bisa dipakai untuk mengobati rematik dan asam urat sekaligus. Bahkan pegal linu akhir terlalu kecapekan pun bisa diatasi dengan menggunakan daun herbal ini. Langsung saja simak berikut ini untuk menciptakan obat rematik alami.

Cara mengobati rematik dengan daun pandan:
  • Sediakan 3 helai daun pandan yang masih segar, kemudian basuh bersih.
  • Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan.
  • Dinginkan sejenak, kemudian gosokan merata ke pecahan yang bermasalah.

14. Daun sirsak

Sebetulnya daun sirsak termasuk salah satu obat asam urat tradisional, tapi lantaran gejalanya hampir menyerupai jadi Anda pun bisa menggunakannya untuk mengatasi rematik. Daun sirsak mengandung antiradang, antinyeri, dan antibakterial yang baik untuk kesehatan.

Cara mengobati rematik dengan daun sirsak:
  • Sediakan 10-15 lembar daun sirsak yang masih segar. Bersihkan daun tadi hingga benar-benar bersih.
  • Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih serta menyisakan 2 gelas air saja. Saring air rebusan tersebut.
  • Minumlah rebusan obat rematik ini secara rutin 2x sehari.
Note: untuk penderita watu ginjal sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

15. Daun kumis kucing

Daun kumis kucing mengandung diuretik tinggi yang sanggup melarutkan asam urat hiperbola penyebab radang sendi. Segala jenis tanda-tanda rematik menyerupai nyeri, radang, hingga kesemutan pun bisa diobati dengan daun satu ini. Selain itu, ia juga mengandung kalium yang sanggup membantu melarutkan kotoran penyebab watu ginjal. Untuk hasil optimal sebaiknya kombinasi dengan materi alami lain.

Cara mengobati rematik dengan daun kumis kucing:
  • Cuci higienis 10 gram daun kumis kucing kering dan 20 gram daun kumis kucing basah. Serta siapkan 5-10 gram jahe.
  • Memarkan jahe kemudian campurkan bersama dengan semua bahan. Kemudian rebus menggunakan 1 liter air hingga tersisa setengahnya.
  • Minumlah air rebusan herbal tersebut secara rutin di pagi, siang, dan sore hari.

16. Bunga rosella

Tahukah Anda dengan bunga satu ini? Yup, bunga rosella ternyata mengandung protein essensial yang sanggup memperkuat tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah kerusakan tulang akhir tanda-tanda rematik ataupun asam urat.

Untuk mendapat manfaat bunga rosella tersebut kita sanggup membuatnya menjadi teh. Caranya sediakan 5 kelopak bunga rosella, basuh higienis kemudian seduh dengan menggunakan 200 cc air panas. Sebagai perhiasan Anda bisa menambahkan gula atau madu seperlunya. Lalu minumlah secara rutin.

17. Kompres dengan air hangat

 Banyak yang menganggap jikalau rematik dan asam urat itu merupakan penyakit yang sama 17 Obat Rematik Alami Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Sendi

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tanda-tanda rematik ialah dengan menggunakan kompres air hangat. Menurut para ahli, kompres air hangat dapt menciptakan vasolidalatasi (pelebaran pembuluh darah) yang berguna untuk mendatangkan zat-zat yang berguna untuk proses penyembuhan radang.

Namun sebaiknya kompres air hangat dilakukan ketika tidak terjadi pembengkakan. Sebab bila dilakukan ketika infeksi justru akan memperburuk keadaan. Sedangkan ketika persendian bengkak, Anda bisa kompres air dingin. Lakukan hingga radang sendi membaik dan tidak terasa sakit lagi.

Itulah sajian warta seputar obat rematik alami yang bisa kami share kali ini. Anda tidak perlu mengonsumsi semua obat tradisional rematik diatas. Cukup pilih salah satu mana yang berdasarkan kalian masing-masing paling gampang diterapkan. Pada dasarnya semua mempunyai khasiat yang sama besarnya.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Karena keajaiban bisa muncul dari kita yang suka menyebarkan kepada sesama. 😇


Comments

Popular posts from this blog

10 Obat Penghilang Bekas Luka Di Apotik Berserta Harga Terbarunya

12 Cara Mengempeskan Nanah Kerikil Secara Alami Tanpa Memencetnya

12 Obat Asam Urat Di Apotik Terbaik Yang Disarankan Oleh Dokter